Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Carsome Academy Indonesia Hadir untuk Mencetak Talenta Otomotif Siap Kerja

Berita Otomotif

Carsome Academy Indonesia Hadir untuk Mencetak Talenta Otomotif Siap Kerja

JAKARTA – Platform e-commerce mobil bekas Carsome baru saja meresmikan lembaga pelatihan tenaga kerja industri otomotif bernama Carsome Academy di Indonesia.

Carsome Academy merupakan pusat pelatihan yang didirikan untuk mencetak tenaga kerja berkualitas, terutama inspektur kendaraan.

Lembaga pelatihan ini juga merupakan upaya Carsome untuk mempersempit jarak talenta dan kebutuhan keterampilan yang diperlukan industri mobil bekas di Indonesia.

Demikian yang dikatakan Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia, dalam konferensi pers virtual yang diadakan Kamis (23/06/2022).

“Carsome Academy diharapkan menjadi salah satu solusi dari isu ketenagakerjaan, mengingat tingginya daya serap lapangan kerja sektor otomotif di Indonesia,” kata Andrew.

Menurut Survei Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas) 2020, pedagang eceran dan reparasi kendaraan merupakan sektor penyedia lapangan kerja tertinggi kedua di Indonesia dengan persentase mendekati 20% dari keseluruhan sektor.

Melalui Carsome Academy, Andrew berharap dapat menghasilkan tenaga kerja yang “berketerampilan tinggi, kompetitif, profesional, serta siap kerja” untuk industri mobil bekas Indonesia.

Hal yang sama juga disampaikan Co-Founder Carsome dan CEO Carsome Academy, Jiun Ee Thio. Ia menyatakan komitmen Carsome untuk mewujudkan misi pertumbuhan industri mobil bekas melalui lembaga pelatihan ini.

“Kami sangat optimis Carsome Academy dapat memenuhi kebutuhan teknisi otomotif di industri ini, baik itu di Indonesia maupun di Asia Tenggara,” ucap Jiun.

Selain itu, Jiun juga mengatakan Carsome Academy dapat membantu para talenta-talenta muda Indonesia, terutama yang memiliki tingkat pendidikan umum atau vokasi, dalam mendapatkan pekerjaan di dunia otomotif.

“Setiap tahun, ada sekitar 49% lulusan tingkat vokasi yang melanjut pendidikannya ke tingkat lebih tinggi di Indonesia. Ini menjadi masalah karena mereka harus bersaing dengan lulusan kuliah dalam mencari pekerjaan,” jelasnya.

Carsome Academy ditujukan kepada para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat berusia 18 tahun ke atas yang ingin berkarir di industri otomotif, terutama menjadi inspektur kendaraan.

Kurikulum pelatihannya berupa gabungan pelatihan pendidikan dan keterampilan teknis dengan menerapkan rasio 70:30 pelatihan industri dan praktik teori menggunakan modul secara hybrid dari pengajar bersertifikat internasional.

Dengan kata lain, Selama masa belajar sembilan bulan, tiga bulan berupa pendidikan teknis secara teori, dan enam bulan sisanya berupa pelatihan praktik secara langsung di Carsome.

Setelah selesai melalui kurikulum pembelajaran dan dinyatakan lulus, Carsome Academy juga memberikan lulusannya jaminan lapangan kerja di Carsome.

Seiring dengan peluncuran Carsome Academy pertama di Indonesia, Carsome memberikan beasiswa kepada 30 orang pelajar. Carsome menyediakan opsi pendanaan melalui kerja sama dengan Edufund dan program beasiswa bagi pelajar angkatan selanjutnya. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang