Carlos Ghosn: Perlu 1 Dekade Lagi untuk Mobil Otonom

Berita Otomotif

Carlos Ghosn: Perlu 1 Dekade Lagi untuk Mobil Otonom

PARIS - Mobil yang bisa mengemudi sendiri (autonomous drive car) semakin dekat. Lantas, seperti apakah yang sebenarnya disebut oleh mobil otonom di mata Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan?

“Mobil otonom adalah sebuah kendaraan yang mampu menggabungkan sensor, teknologi robot, kecerdasan buatan dan konektivitas antarkendaraan. Inilah teknologi yang akan ditambahkan ke mobil dalam beberapa tahun ke depan,” ungkapnya.

Teknologi-teknolgi tersebut dikatakannya akan segera terlihat meski datang secara bertahap. Untuk Nissan dan Renault, mulai dari tahun depan berencana untuk memamerkan fitur ‘Traffic Jam Pilot’, yang mememungkinkan kendaraan mengemudi secara otomatis dan aman pada kemacetan parah. Fitur ini akan ditawarkan pada model Nissan, Infiniti dan Renault.

Belum selesai sampai di sana, Nissan akan terus melakukan pengembangan teknologi secara bertahap. Pada tahun 2018, Nissan akan mengenalkan teknologi yang mampu untuk berpindah jalur secara otomatis dan pada tahun 2020.

"Nissan akan mengintroduksi kendaraan yang dapat berjalan sendiri di hampir semua situasi,” tambahnya.

Namun, dia tidak menampik bahwa ini semua masih rencana dan memerlukan proses panjang untuk mendapatkan mobil otonom yang sejati.

“Pada akhirnya, kombinasi dari teknologi tersebut akan membawa kita pada kendaraan yang sepenuhnya beroperasi sendiri, bahkan tanpa ada orang di dalamya. Namun itu masih lama, setidaknya satu dekade lagi.”

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual