Cara Pabrikan Menentukan Warna Mobil Tak Sesimpel yang Dikira

Berita Otomotif

Cara Pabrikan Menentukan Warna Mobil Tak Sesimpel yang Dikira

JAKARTA – Menentukan warna apa saja yang akan disediakan untuk sebuah model kendaraan butuh banyak pertimbangan. Para desainer Chevrolet sampai rutin bertemu setiap tahun dan membicarakan tren warna dari masing-masing area dari berbagai sudut pandang.

Pabrikan-pabrikan mobil pasti memasarkan model-model mereka dengan berbagai warna yang dapat dipilih calon pembeli. Ada warna yang memang umum terdapat di pasar, tapi ada juga warna unik yang diciptakan sebagai ciri khas model tersebut.

Ternyata, pembahasan serta penentuan opsi warna mobil tak bisa dikatakan simpel. Produsen-produsen roda empat melihat beragam determinan sebelum menentukan, mulai dari tren, kondisi pasar, sampai karakteristik konsumen yang dituju.

Para desainer spesialis warna dan stripping Chevrolet bahkan selalu berkumpul setiap tahun di General Motors (GM) Design Center di Amerika Utara. Di sana, mereka mendiskusikan warna-warna pilihan yang akan dibalurkan pada model-model kendaraan yang bakal meluncur.

Opsi warna pada model, menurut Chevrolet melalui keterangan resmi pada awal pekan ini, diputuskan dengan mempertimbangkan serta melihat banyak hal. Di antaranya adalah masukan dari pengguna, usulan para pemasok, tren warna-warna terkini di industri otomotif.

Minat plus karakteristik konsumen yang dituju di tiap wilayah juga masuk dalam perhitungan mereka. Faktor pertimbangan tak berhenti sampai di sana.

“Untuk menghadirkan pilihan warna tepat, kami selalu memperrtimbangkan berbagai aspek, mulai dari naik-turunnya permintaan hingga tren penggunaan warna pada barang-barang konsumsi lainnya seperti perangkat elektronik, fashion, perabot rumah tangga, dan aspek-aspek lain yang dapat membuat kendaraan terlihat lebih menarik,” ucap Hongki Kim, Color and Trim Chief Designer, GM Korea Selatan.

Perspektif penduduk di sebuah negara atau region bisa berbeda terhadap suatu warna dan ini turut diperhatikan. Chevrolet kemudian bekerja sama pula dengan pemasok-pemasok cat eksterior kendaraan untuk menemukan pola warna tepat. Beberapa dari mereka juga secara rutin merilis temuan tren-tren warna terkini yang selanjutnya menjadi pertimbangan para pabrikan kendaraan.

Dari pertimbangan-pertimbangan ini, muncullah berbagai warna spesifik seperti Merry Berry Me Metallic pada Chevrolet Spark atau warna Coppertino pada sport utility vehicle (SUV) Chevrolet Trax. Warna-warna tersebut tidak tersedia pada model-model mereka yang lain.

Warna Coppertino hampir serupa dengan warna Golden-Bronze Sahara ciptaan pemasok cat Axalta. Golden-Bronze Sahara belum lama ini memenangkan gelar Automotive Color of the Year karena berhasil merepresentasikan kehangatan, kekayaan, kekuatan.

"Warna merah kecoklatan (reddish brown), tembaga (copper), dan rose-gold juga mulai populer di kalangan konsumen. Tren warna mengarah menuju nuansa warna ini dengan efek bawah sadar, sehingga konsumen dengan mudah merasa familiar begitu melihatnya," kata Kim.

Hasil riset yang dilakukan GM menunjukkan salah satu teori menarik. Meningkatnya kepopuleran warna-warna tersebut berbanding lurus dengan tumbuhnya minat konsumen terhadap tema eksplorasi ruang angkasa, khususnya planet Mars, serta pengembangan dan perakitan International Space Station (ISS) yang rencananya akan diluncurkan pada 2019 dan dijadwalkan beroperasi hingga tahun 2030.

"Hal tersebut mencerminkan pandangan orang tentang hal-hal positif, yang membuka sejumlah kemungkinan di masa depan," kata Kim. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support