Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart, Mudah dan Cepat

Berita Otomotif

Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart, Mudah dan Cepat

JAKARTA - Bayar pajak motor di Alfamart sekarang menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih oleh pemilik motor untuk membayar pajak motor. 

Dengan adanya layanan ini, pemilik motor dapat membayar pajak kendaraan secara mudah dan cepat tanpa harus mengantri di kantor Samsat atau loket pembayaran lainnya.

Untuk melakukan pembayaran pajak motor di Alfamart, pemilik motor perlu menyiapkan beberapa dokumen yaitu membawa STNK, BPKB, KTP serta uang untuk membayar pajak. 

Perlu diperhatikan pembayaran pajak motor di Alfamart khusus untuk pembayaran pajak tahunan saja tidak dapat melayani pembayaran pajak 5 tahunan atau penggantian plat, mutasi serta balik nama kendaraan.

Untuk pelayanan yang tidak dapat dilakukan di Alfamart Anda harus mengunjungi kantor Samsat di wilayah Anda.

Berikut langkah-langkah membayar pajak motor di Alfamart:

  • Cari gerai Alfamart terdekat
    Langkah pertama pemilik motor harus menentukan Alfamart terdekat yang menyediakan layanan tersebut. 

    Anda dapat mencarinya melalui website Alfamart atau menggunakan aplikasi mobile Alfamart. Pastikan gerai tersebut memiliki layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.
  • Lakukan pembayaran
    Kemudian ketika sudah sampai di Alfamart dapat memberitahukan kepada petugas Alfamart bahwa ingin membayar pajak kendaraannya.

    Petugas Alfamart akan meminta pemilik motor untuk menunjukkan nomor polisi kendaraan dan memberikan informasi mengenai jumlah pajak yang harus dibayar. Setelah itu, pemilik motor dapat melakukan pembayaran melalui kasir Alfamart.

    Pembayaran pajak kendaraan di Alfamart dapat dilakukan dengan menggunakan uang tunai, kartu debit, kartu kredit, dan dompet digital seperti OVO dan GoPay. 
  • Simpan bukti pembayaran
    Setelah melakukan pembayaran, pemilik motor akan menerima bukti pembayaran yang dapat digunakan sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan.

    Bukti pembayaran ini harus Anda simpan baik-baik karena bukti ini akan digunakan sebagai pengesahan di Kantor Samsat.

    Jika bukti pembayaran sudah ada Anda dapat menuju kantor Samsat terdekat untuk mencetak lembar pajak STNK tentu dengan menunjukan bukti pembayaran yang dilakukan sebelumnya.

Mudah bukan bayar pajak motor di alfamart? Selain menghemat waktu karena tidak perlu mengantri panjang, mengisi form dan berpindah pindah loket untuk melakukan pembayaran.

Aplikasi SIGNAL

Jika bayar pajak motor di Alfamart masih dinilai repot karena harus keluar rumah dan menukar kembali bukti pembayaran ke Samsat. Terdapat cara lain untuk melakukan pembayaran pajak yang lebih mudah.

Cara ini lebih mudah lagi karena Anda hanya perlu melakukan pembayaran melalui handphone tidak perlu pergi keluar rumah.

Yaitu bayar pajak melalui aplikasi SIGNAL, aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan Google Play.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah yaitu pertama-tama Anda akan diminta registrasi untuk mengisi data-data seperti NIK, nama, email dan nomor hp.

Setelah selesai Anda harus mendaftarkan kendaraan yang akan dibayar pajaknya kemudian lanjut ke proses berikutnya.

Alur proses berikutnya yaitu: 

  • Pilih NRKB yang akan dibayarkan pajaknya 
  • Lalu akan muncul informasi SKK, PKB dan SWDKLLJ serta jumlah yang harus dibayarkan, Jika sesuai Anda bisa klik lanjut
  • Akan muncul pilihan kirim dokumen atau ambil dokumen, pilih kirim dokumen,
  • Setelah itu akan muncul pilihan kantor Samsat, pilih yang terdekat dengan alamat Anda dan isi data alamat yang dituju dengan jelas.
  • Jumlah biaya yang harus dibayarkan akan muncul ditambah dengan jasa pengiriman melalui Pos.
  • Klik lanjut akan muncul kode bayar yang harus Anda catat dan ingat.
  • Kemudian Anda lakukan pembayaran yang dapat dilakukan melalui ATM ataupun Mobile Banking.
  • Setelah selesai pembayaran akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran Anda berhasil

Setelah proses ini Anda hanya perlu menunggu dokumen sampai ke alamat yang Anda tuliskan diatas.

Proses pembayaran pajak ini lebih mudah bukan? Karena tidak perlu keluar rumah hanya menggunakan ponsel Anda kemudian dokumen akan dikirimkan ke rumah Anda. 

Mengapa harus membayar pajak motor tahunan?

Sebagai seorang pemilik kendaraan bermotor, Anda mungkin pernah mendengar tentang kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya. 


Meskipun pembayaran pajak motor ini dapat terasa cukup membebani kantong, tetapi ada beberapa alasan mengapa Anda harus membayar pajak motor tahunan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus membayar pajak motor tahunan.

  • Memenuhi kewajiban sebagai warga negara
    Membayar pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu kewajiban warga negara. Ini adalah salah satu cara Anda berkontribusi untuk pembangunan dan pengembangan negara.

    Pajak kendaraan bermotor yang Anda bayarkan akan digunakan oleh pemerintah untuk berbagai kepentingan seperti perbaikan jalan, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan transportasi publik.
  • Mendapatkan STNK yang sah

    Setiap kendaraan bermotor harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang sah untuk dapat digunakan di jalan. 

    STNK diterbitkan oleh pihak kepolisian dan harus diperbarui setiap tahunnya. Salah satu syarat untuk memperbarui STNK adalah dengan membayar pajak kendaraan bermotor. Jika Anda tidak membayar pajak motor tahunan, maka STNK kendaraan Anda tidak akan diperbarui dan kendaraan Anda tidak akan sah digunakan di jalan.
  • Terhindar dari sanksi hukum
    Jika Anda tidak membayar pajak kendaraan bermotor, maka Anda akan terkena sanksi hukum. 

    Sanksi ini dapat berupa denda atau bahkan penahanan kendaraan Anda. Selain itu, jika Anda terus menggunakan kendaraan Anda tanpa membayar pajak kendaraan bermotor, maka Anda dapat terkena sanksi hukum yang lebih berat seperti pidana.
  • Menjaga nilai kendaraan
    Membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya juga dapat membantu menjaga nilai kendaraan Anda. 

    Jika Anda tidak membayar pajak motor tahunan, maka kendaraan Anda tidak akan memiliki STNK yang sah. Hal ini dapat mempengaruhi nilai jual kendaraan Anda akan lebih murah jika suatu saat Anda ingin menjualnya.


FAQ

Manfaat membayar pajak motor tahunan?

Pajak kendaraan bermotor (PKB) merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai pemerintah daerah untuk pembangunan, berikut manfaat PKB untuk daerah:

  • Sumber pendapatan dan untuk membiayai penyelengaraan pemerintah daerah
  • Untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan serta sarana transportasi umum

Sanksi Telat Membayar Pajak Motor Tahunan?

Sanksi yang didapat jika telat membayar pajak motor adalah denda sebesar 2 persen tiap bulan. Detailnya mengenai denda diatur dalam Ketentuan Umum Pajak Daerah (KUPD) nomor 6 tahun 2010.

Serta total denda maksimalnya adalah 48 persen. 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang