Canggih, Bir Bisa Disulap Menjadi Bahan Bakar Mobil

Berita Otomotif

Canggih, Bir Bisa Disulap Menjadi Bahan Bakar Mobil

DETROIT - Sampah seperti sisa makanan, butiran-butiran gandum untuk pembuatan bir, bisa menjadi bahan bakar mobil. Mungkin Anda akan menganggap hal itu hanya bisa terjadi di film sci-fi 'Back to the Future'.

Ya, Bi-Fuel Chevrolet Impala 2015 memang benar-benar bisa berjalan dari berbagai hal yang akan Anda anggap sampah organik. Dari sampah-sampah tersebut menciptakan energi terbarukan seperti biogas.

Gas metan yang dihasilkan kemudian diproses untuk menghilangkan semua karbon dioksida dan kotoran untuk membuat Renewable Natural Gas (RNG). Ketika dikompresi, RNG berubah menjadi Compressed Natural Gas (CNG) yang pada akhirnya bisa digunakan oleh Bi-fuel Chevrolet Impala.

"Jika Anda dapat membeli bahan bakar terbarukan dengan harga US$ 1,95 per galon sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca, semua orang akan senang," kata Mel Kurtz, presiden kelompok energi quasar.

Fasilitas quasar di Columbus dapat menghasilkan CNG setara dengan 1,3 juta galon bensin setiap tahun. Dengan begitu, hasil dari fasilitas ini setidaknya bisa mengisi tangki 163.000 Bi-fuel Impala, setidaknya sekali.

Bi-fuel Impala sendiri memiliki kemampuan untuk menghirup dua jenis bahan bakar, gas dan bensin. Langkah ini semata-mata dipilih sebagai jawaban masih sedikitnya stasiun pengisian gas di Amerika Serikat. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support