Bus Listrik China Higer Siap Dukung Transjakarta

Berita Otomotif

Bus Listrik China Higer Siap Dukung Transjakarta

JAKARTA – Kendaraan listrik yang ramah lingkungan terus merambah ke sector kendaraan niaga. Kemarin (28/12),  PT Higer Maju Indonesia (HMI), distributor dan produsen bus Higer di Indonesia, memperkenalkan bus listrik Higer yang sanggup mengangkut 34 penumpang.

Keunggulan utama bus listrik Higer adalah kapasitas baterai 385 kilowatt hours (kWh) yang menunjang daya jelajah hingga 300 kilometer. Lama pengisian ulang baterai sekitar 3-4 jam.

“Bus listrik Higer hadir di Indonesia dan siap mendukung TransJakarta dalam pengadaan kendaraan umum ramah lingkungan. Bus listrik Higer sangat efisien dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan jauh di atas para kompetitor lainnya. Dengan kapasitas besar ini, maka dapat mencapai jarak tempuh lebih jauh, dengan pengisian daya baterai yang lebih singkat," jelas Direktur Utama PT Higer Maju Indonesia Antonius R Ismanto.

Meski baterainya besar, namun berat kosong bus hanya 13 ton atau sama dengan berat bus kompetitor lain yang kapasitas baterainya lebih kecil. Torsi bus listrik Higer lebih besar dari bus konvensional yang beredar di Indonesia, yakni menghasilkan tenaga 145 KW dengan torsi maksimal 3.300 Nm.

Sejumlah komponen bus listrik Higer didatangkan dari perusahaan-perusahaan ternama seperti ZF yang menjadi supplier axle (as roda), Wabco untuk sistem pengereman dan suspensi, Bosch sebagai penyedia power steering.

Higer merupakan perusahaan bus asal China yang sudah melakukan ekspor ke lebih dari 100 negara di mancanegara seperti di Asia, Timur Tengah, Afrika, Rusia, Eropa Timur dan Amerika. Bahkan pada 2015, Bus Higer China mendapatkan penghargaan ‘China Top Brand’ untuk kategori produk bebas inspeksi nasional. Higer Maju Indonesia ditunjuk untuk memberikan layanan purnajual baik dari segi servis dan component part. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar