Bus Merek China Ini Dibuat Mantan Desainer Ferrari, Bagus atau Enggak?

Berita Otomotif

Bus Merek China Ini Dibuat Mantan Desainer Ferrari, Bagus atau Enggak?

SHANGHAI - Merek China Asiastar memperkenalkan prototipe bus yang dibuat bersama-sama dengan Pininfarina, rumah desain yang pernah sangat identik dengan Ferrari.

Prototipe bus tersebut, seperti dilaporkan Carscoops baru-baru ini, bernama X9-3. Debutnya berlangsung dalam sebuah konferensi bisnis Asiastar di Yangzhou.

Segmen yang diincarnya kelak ialah bus pariwisata menengah ke atas.

“Bus baru ini menyasar pasar pariwisata high-end (premium) domestik dan luar negeri, serta merepresentasikan platform yang benar-benar anyar untuk bus-bus pariwisata kelas atas dari Asiastar,” ucap General Manager Asiastar Jia Kaiqian.

Pininfarina sendiri sempat puluhan tahun mendesain mobil-mobil Ferrari. Keduanya bekerja sama sejak 1950-an dan baru berakhir pada 2017.

Lebih lanjut, Kaiqian menganggap desain eksterior maupun interior X9-3 mampu memberikan ‘perasaan menyegarkan’. Aspek kualitas serta performa bus juga diklaim berada di ‘level yang baru’.

Kantor pusat Asiastar di China berkolaborasi dengan markas Pininfarina di Italia dengan misi menciptakan pengalaman mewah bagi para penumpang X9-3, sehingga mereka tak segan meninggalkan mobil pribadi dan memilih bus.

Lekuk-lekuk bodi X9-3 yang berkonsep avant-garde memadukan desain industrial ala Italia dengan fesyen China modern, dengan harapan menciptakan tampilan yang elegan dan mewah. Desain juga mempertimbangkan aspek bobot, demi membantu dapur pacu bus lebih efisien serta lebih bertenaga melahap tanjakan.

“Asiastar X9-3 mengawali generasi baru bus pariwisata premium, dengan kenyamanan tidak tertandingi yang dibarengi teknologi tertinggi. Desainnya mengekspresikan nilai-nilai tersebut dengan bahasa yang modern serta inovatif, garis-garis interior dinamis, maupun interior memukau,” aku Chief Creative Officer Pininfarina Kevin Rice.

Eksterior X9-3, lanjut dia, dikembangkan di Italia. Tampilan fascia depannya seolah-olah dilindungi dari dua sisi berkat grafis-grafis inovatif. Aksen aluminium disematkan dari bagian muka hingga sedikit ke samping untuk menyembulkan kedinamisan serta perasaan mewah.

“Di bagian belakang, grafis-grafis sangat distingtif serta lampu yang berkesan futuristik memantik karakter yang amat berbeda dari yang lain,” pungkas Rice lagi.

Kenyamanan sang sopir juga masuk dalam pertimbangan desain.

“Interiornya memiliki bagian struktur Driver Oriented untuk kenyamanan serta keselamatan terbaik bagi pengemudi. Ini adalah lingkup yang modern dan dinamis, juga sebuah interpretasi baru bagi bahasa desain Asiastar,” tambah Head of Design Pinifarina Shanghai Matteo Piguzzi.

“Area sofa-sofa di sisi lain dibuat unik, dengan detail berkualitas tinggi demi menciptakan pengalaman perjalanan yang unik plus eksklusif,” tutupnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar