Bermodal Mesin Kecil, Honda S-Dream Tak Kalah dengan Hypercar

Berita Otomotif

Bermodal Mesin Kecil, Honda S-Dream Tak Kalah dengan Hypercar

UTAH – Mesin boleh berkapasitas kecil namun bisa melaju kencang, kecepatannya sebanding dengan hypercar dunia.

Sebuah mobil bisa dipacu hingga 400 km/jam plus plus boleh dibilang hanya bisa dilakukan oleh hypercar macam Hennessey Venom  GT dan Buggati Veyron Super Sport. Keduanya memiliki mesin berkapasitas besar dengan tenaga lebih dari 1.000 hp.

Hal ini rupanya tidak berlaku untuk Honda. Melalui Honda S-Dream mereka berhasil mencetak FIA class record yakni sebuah kendaraan dengan mesin 3-silinder 600 cc turbocharged berhasil mencapai kecepatan lebih dari 418 km/jam.

Secara official tercatat, Honda S-Dream dapat dipacu beberapa kali hingga rata-rata kecepatan tertinggi mencapai 421 km/jam. Ini menjadikan rekor baru bagi Honda sendiri yakni sebagai kendaraan darat tercepat yang pernah mereka buat. Hasil ini juga menimbulkan joke ringan, “Jika ingin lebih cepat dari ini Anda harus naik pesawat HondaJet”

Dan menurut kabar dari tempat pengujian, Bonneville Salt Flats, dalam satu kali kesempatan Honda S-Dream malah bisa tembus pada kecepatan 428 km/jam. Sayangnya ini hanya bisa dilakukan 1 kali dan akhirnya tidak dimasukkan dalam catatan rekor.

Sekitar 16 orang engineer Honda terlibat dalam proyek pemecahan rekor ini dan telah bekerja sejak 2015. Target mereka adalah mencetak rekor tercepat dengan menggunakan mesin Honda S660 roadster yang hanya memiliki tenaga 64 Hp.

Untuk menaklukan tantangan tersebut, para engineer melakukan beberapa langkah seperti melakukan overhaul pada mesin termasuk mengganti bagian engine block dengan menggunakan bahan baja.

Detail perubahan pada mesin memang tidak diumbar ke media oleh Honda, karena ini merupakan bagian dari riset mereka. Mereka hanya mengkonfirmasi keluaran tenaga pada mesin ini bisa mencapai lebih dari 3 kali lipat atau bisa mencapai sekitar 200 hp.

Pengemudi dari Honda S-Dream sempat memberi keterangan bahwa selama pengujian kendaraan bekerja dalam kondisi normal. Terdapat sedikit kesulitan saat mengimbangi laju kendaraan pada posisi kecepatan tinggi karena permukaan garam pada lintas.

Sempat dilakukan adjusment kabin kendaraan untuk memperbaiki visibilitas pengemudi di markas Honda California. Dan hasilnya adalah catatan rekor yang akhirnya dicapai. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 

 

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support