Berkencan dengan Honda HR-V 1.8L yang Menggoda

Review

Berkencan dengan Honda HR-V 1.8L yang Menggoda

JAKARTA - Ada fenomena unik yang tengah terjadi di Indonesia. Di saat segmen lain menurun, Sport Utility Vehicle (SUV) malah berkibar.

Dan di saat SUV-SUV compact lain menampilkan desain membosankan, Honda HR-V datang menggebrak dengan desain segar, modern dan maskulin. Ya, Honda HR-V seolah hadir untuk menentukan patokan baru sebuah SUV di Indonesia.

Karena itulah tidak salah bila kami secara khusus mengupas Honda HR-V 1.8L Prestige sebagai panduan bagi Anda yang saat ini hendak mencari sebuah SUV.

Eksterior
Dilihat dari desain eksterior, Honda HR-V tampak sangat oke. Dengan garis desain yang agresif, Honda HR-V tampak outstanding ketika ada di jalanan. Mobil lain yang ada di dekatnya seolah tampak jadul.

Bentuk grille yang futuristik terlihat padu ketika bersanding dengan headlamp HID yang dipercantik LED Daytime Running Light. Tampilan depan ini bagai seorang model yang tengah bergaya saat menatap kamera.

Desain mutakhir di facia itu kemudian mengalir tegas ke sisi samping. Desain atapnya mengalir seperti coupe. Ada yang menarik di bagian samping yakni posisi pegangan pintu samping belakang yang menempel di dekat jendela agak ke belakang.

Dilihat sekilas, orang pasti akan langsung berpikir kalau ini adalah sebuah mobil dua pintu. Ini tentu mempertegas kesan sporty di mobil ini.

Berujung ke buritan, nafas segar itu seolah tak berakhir. Bila emblem Honda dihilangkan, perpaduan lampu belakang, bumper dan berbagai atributnya membuat orang yang melihat mobil ini tak akan menyangka kalau ini adalah sebuah mobil Jepang. Sebab desain Honda HR-V bagaikan sebuah paduan apik antara desain ala Eropa dan Amerika.

Interior
Tak perlu berlama-lama, kami pun masuk ke kabin Honda HR-V 1.8L Prestige ini. Kesan mewah langsung terasa saat melihat dashboard modern yang memadukan antara tampilan sistem audio berlayarsentuh ukuran 7 inci dan dilengkapi smartphone conncetion, serta paddle shift.

Sebagai catatan 7.0" Touchscreen Display yang terpasang di tengah dashboard ini memiliki fasilitas AM/FM Radio, CD/DVD Player, MP3/WMA + NAVI System + USB Port + AUX input + Made for iPod/iPhone/Android + Bluetooth + HDMI (Need Additional Cable for Phone Mirroring).

Kembali ke urusan desain, lapisan warna hitam yang menyelimuti dashboard, doortrim hingga jok  membuatnya mendedahkan aura mewah di jagoan Honda ini.

Kemudinya sistem kemudinya menerapkan sistem Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS), Tilt Steering dan Telescopic Steering yang membuatnya menyenangkan untuk dikemudikan.

Ruang kepala dan kaki di mobil ini juga patut untuk diacungi jempol. Dengan dimensi 4.294mm x 1.772mm x 1.580mm (PxLxT) Honda HR-V mampu menampilkan suasana kabin lapang, bahkan hingga baris kedua.

Tak perlu menunggu lama, tombol start-button pun ditekan dan mesin 1.798 cc SOHC i-VTEC 4-silinder menderu lembut. Meski begitu, suasana kabin tetap senyap.

Electric Parking Brake tinggal ditekan. Sebagai informmasi, untuk rem parkir, Honda HR-V mengaplikasi rem parkir elektrik.

Performa
Pedal gas ditekan dan mobil melaju ke depan. Sekilas saja  terasa responsivitas mesin yang sama dengan mesin Civic 1.8 ini. Tenaga 139 dk pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 169 Nm pada 4.300 rpm yang dikandung mobil ini cukup untuk membuatnya gesit. Putaran torsi seolah terisi dari putaran bawah, tengah hingga atas.

Sementara wheelbase 2.610 mm membuatnya terasa stabil, bahkan ketika harus melibas tikungan dengan kecepatan sedang.

Melaju di jalan bebas hambatan menggunakan Honda HR-V 1.8L Prestige ini adalah sebuah anugerah. Stabilitas, responsivitas hingga performanya yang menyenangkan membuat mengendarai Honda HR-V 1.8L Prestige bagai mengendarai sebuah sedan, bukan sebuah SUV.

Tanpa terasa, kecepatan 120 km/jam tercapai. Karena ada di jalan umum, kecepatan harus dijaga meski nafas mobil ini masih ada dan kuat untuk diajak melaju lebih kencang.

Di sisi lain, suspensi MacPherson Strut di depan dan H-Shape Torsion Beam di belakang terbukti juga mampu meredam getaran jalan sekaligus menstabilkan mobil ini ketika melaju.

Keselamatan dan Kenyamanan
Ketika melaju, konsentrasi juga terjaga berkat visibilitas yang luas. Mencari lagu kesukaan atau channel radio juga bisa dilakukan tanpa perlu mengalihkan perhatian dari jalan karena hal itu bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol pengatur audio di roda kemudi. Ketika jalan lenggang, fitur cruise control bisa digunakan.

Berbekal performa dan kenyamanan ketika dikendarai, Honda HR-V 1.8L Prestige adalah sebuah 'mainan' yang menyenangkan. Untungnya, hal itu ditambah oleh berbagai safety fitur yang membuat pengendara makin percaya diri.

Struktur rangka bodi G-CONE + ACE dan Side Impact Beam yang dipadu dengan Side Airbags, Side Curtain Airbags, dan Dual Front SRS Airbags serta Pedestrian Protection membuat Honda HR-V 1.8L Prestige memberi keamanan tingkat tinggi.

Di tambah lagi hadirnya fitur pengereman Brake Override System, ABS + EBD dan Brake Assist (BA) membuatnya makin aman lagi.

Kesimpulan
Honda HR-V memang sangat menggoda dari segi eksterior, performa dan kabin. Harganya pun kompetitif, untuk HR-V 1.5-liter dari Rp 246 juta - 291 juta dan HR-V 1.8-liter Prestige Rp 358 juta.

Kita tunggu apakah HR-V akan tetap menggoda jika kompetitor baru Jeep Renegade dan Maxda CX-3 masuk ke Indonesia. [Syu/Idr]

 

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual