Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berbagai Rekor Pecah Selama Mudik Lebaran 2022, tapi Angka Kecelakaan Turun

Berita Otomotif

Berbagai Rekor Pecah Selama Mudik Lebaran 2022, tapi Angka Kecelakaan Turun

JAKARTA - Beragam rekor ditorehkan sepanjang masa mudik Lebaran 2022. Namun, angka kecelakaan lalu lintas diklaim berhasil dikurangi hingga beberapa puluh persen.

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas Polri) Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi mengklaim angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Ketupat 2022 yang mereka galakkan pada masa mudik Lebaran menurun 31 persen dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

“Angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan 31 persen. Hal itu jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 periode sebelum pandemi Covid-19,” ucap dia, seperti dikutip dari situs NTMC Polri pada Selasa (10/5/2022).

Sayangnya, Firman tidak merincikan detail angkanya.

Sekadar mengingatkan, pada 2020 dan 2021 mudik Lebaran Idul Fitri dilarang atau dibatasi secara ketat karena situasi penularan virus Covid-19 yang masih mengkhawatirkan. Baru tahun ini tradisi unik tersebut diperbolehkan lagi setelah kondisi pandemi relatif terkendali.

Pemerintah pun menetapkan kembali masa libur dan cuti bersama Lebaran yang tahun ini berlangsung pada 29 April serta 2-6 Mei. Sementara, Hari Raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada 2-3 Mei kemarin.

Tak mengherankan, mudik Lebaran 2022 disambut dengan arus kendaraan yang amat masif. Berbagai rekor akhirnya terjadi.

PT. Jasa Marga, lewat pernyataan pers beberapa waktu lalu, mengumumkan 1,7 juta mobil keluar area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) via jalan tol pada H-10 sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri.

Ini dikatakan sebagai rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah mudik.

Lalu, pada H+4 hari raya, jumlah mobil yang balik ke Jabodetabek dari arah timur Jawa tercatat mencapai 170.078 unit kendaraan. Jasa Marga menyebutnya rekor arus balik mudik Lebaran tertinggi via jalan tol.

Kementerian Perhubungan, melalui keterangan resmi baru-baru ini, memperkirakan puncak arus balik para pemudik sudah berlangsung pada Sabtu (8/5/2022) kemarin.

Pemerintah sendiri mengimbau para pegawai negeri maupun pegawai swasta untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) selama satu hingga dua pekan ke depan.

Tujuannya adalah demi mencegah potensi penularan virus Covid-19 pascamudik Lebaran. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang