Daftar Bengkel Power Steering di Bandung

Berita Otomotif

Daftar Bengkel Power Steering di Bandung

Bengkel spesialis power steering di Bandung akan sangat membantu untuk menjaga kestabilan pengendalian mobil. Di bawah ini beberapa bengkel di antaranya.

Kebanyakan mobil-mobil modern saat ini sudah dilengkapi fitur power steering. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan mobil dengan lebih mudah dan nyaman.

Pada dasarnya, power steering akan memberikan gaya tambahan Ketika berbelok, sehingga putaran setir kemudi akan menjadi lebih ringan.

Sekarang, banyak jenama besar yang menyematkan fitur ini pada model-model terbarunya, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, Suzuki dan masih banyak lagi.

Power steering seakan sudah menjadi komponen wajib dalam setiap mobil baru saat ini. Dan seperti komponen-komponen lainnya pada mobil, power steering juga dapat berkendala dan perlu diperbaiki.

Nah, kali ini Mobil123.com akan memberikan informasi mengenai bengkel-bengkel di Bandung yang memberikan layanan perawatan power steering. Berikut beberapa bengkel tersebut.

Daftar Bengkel Power Steering di Bandung

Panaitan Power Steering

Bengkel pertama untuk servis power steering di Bandung adalah Panaitan Power Steering.

Sesuai namanya, Panaitan memang spesialisasi untuk perawatan mobil dengan power steering.

Waktu operasional bengkel ini setiap Senin hingga Sabtu, mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB.

Lokasi dari bengkel ini beralamat di Jl. Panaitan No. 2, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, 40112.

BJM.M

BJM.M merupakan bengkel di Bandung yang berfokus pada servis mobil-mobil bertransmisi otomatis.

Selain itu, BJM.M juga memiliki layanan servis panggilan, sehingga bisa menjadi pilihan bengkel untuk keadaan darurat, dan pastinya servis power steering.

Bengkel BJM.M berlokasi di Jl. Irigasi Utama, Margasari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat, 40286.

Untuk waktu operasionalnya, BJM.M buka setiap hari dari pukul 07.00 – 21.00 WIB (Sabtu – Rabu) dan pukul 07.00 – 19.00 (Kamis – Jumat).

CBS Injection

Bengkel CBS Injection menyediakan bermacam layanan perawatan mobil, terutama untuk mobil-mobil yang sudah memakai sistem fuel injection.

Macam-macam layanan tersebut di antaranya servis overhaul mesin, engine scan, ganti rem & kopling, tune-up, ganti oli, kalibrasi kaki-kaki, power steering, dan lain-lain.

CBS Injection beralamat di Jl. Tol Soreang – Pasir Koja, Parungserab, Kec. Soreang, Jawa Barat, 40921. Waktu operasional pada hari Senin – Sabtu, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Automaster Bandung

Berikutnya ada Automaster, bengkel yang sudah memiliki reputasi yang baik di Kota Kembang ini.

Ini terbukti dari tiga cabang Automaster yang tersedia di Bandung, tepatnya di Antapati (Jl. Terusan Jakarta No. 118, Antapati Tengah), Bojongsoang (Terusan Jl. Bojongsoang No. 97, Bandung), dan Veteran (Jl. Veteran No. 21, Bandung).

Layanan servis yang ditawarkan Automaster terbilang lengkap. Selain power steering, ada juga servis mesin, ganti oli, ban, pelek mobil, spooring dan balancing, aksesoris, dan cuci mobil.

Automaster Bandung buka setiap hari (kecuali hari Minggu). Jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Ditech Injection

Selanjutnya masih berupa bengkel spesialis mobil bersistem fuel injection bernama Ditech Injection.

Lokasi dari Ditech Injection berada di Jl. Cipedes Tengah No. 196, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162, buka setiap harinya pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Bengkel ini memberikan beberapa layanan seperti perbaikan mesin, diagnose engine, ECU repair kalibrasi dan cuci injector mesin bensin, servis kaki-kaki, power steering, kelistrikan, modifikasi turbo, dan lain sebagainya.

Ditambah lagi, Ditech Injection juga memberikan layanan antar jemput mobil ke lokasi pelanggannya, sangat sesuai untuk pemilik yang tidak dapat meluangkan waktu untuk servis mobilnya.

Fenyen Auto Accessories

Terakhir ada Fenyen Auto Accessories. Sesuai namanya, bengkel ini berfokus pada penjualan aksesoris mobil serta pemasangannya.

Tetapi, bukan berarti hanya itu layanan yang ditawarkan, Fenyen juga memberikan perawatan seperti salon dan poles mobil.

Fenyen Auto Accessories terletak di Jl. Peta No. 66A & 70, Situsaeur, Kec Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, 40234, buka setiap hari (kecuali Minggu) pada pukul 08.00 – 17.00.

Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Ada beberapa hal yang menyebabkan setir mobil terasa berat diputar, mayoritas di antaranya berhubungan dengan kondisi komponen pada power steering. Berikut penyebab-penyebabnya.

Cairan di Power Steering Kurang

Masalah ini biasanya ditemukan pada power steering berjenis hidrolik. Sistem Hydraulic Power Steering (HPS) bisa dibilang lebih rentan rusak dibanding jenis Electronic Power Steering (EPS) karena HPS memerlukan cairan.

Cairan dalam Power Steering berfungsi untuk memberikan tekanan pada piston dalam rack dan pinion. Letaknya berada di sekitar silinder reservoir, tepatnya di ujung power steering belt.

Jika cairan ini kurang, tekanan yang dihasilkan pun juga berkurang, dan setir mobil akan menjadi lebih berat.

Untuk menanggulangi masalah cairan kurang pada power steering sangat simpel, yaitu mengisi Kembali cairan tersebut sesuai standar. Selain mengisi kembali, cairan juga perlu diganti apabila sudah berubah warna menjadi lebih gelap, dari sebelumnya merah tua.

Belt pada Power Steering Rusak

Komponen lain pada power steering yang bisa rusak adalah belt. Belt terbuat dari bahan karet yang terhubung pada puli pompa dan mesin.

Guna dari belt ini adalah untuk mengatur putaran roda, baik itu saat mulai melaju atau berhenti.

Karena terbuat dari karet, belt pada power steering akan rentan rusak. Beberapa factor dari kerusakan belt power steering yaitu usia dan juga kebersihan. Belt akan cepat rusak Ketika terkena oli pada waktu penggantian oli yang tidak betul.

Saat belt rusak atau bahkan putus, power steering tidak akan berfungsi dan setir akan terasa berat.

Untuk mengantisipasi kerusakan belt di power steering, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru, atau jika kondisinya masih bagus cukup dibersihkan.

Masalah di Steering Rack

Penyebab lain dari beratnya setir mobil ada pada bagian steering rack. Dalam steering rack terdapat beberapa komponen seperti rack seal, pinion gear, serta rack gear.

Pada rack gear terdapat tiga jenis seal, dan ketiga seal tersebut terhubung dengan power steering. Jika salah satu dari tiga seal tersebut ada yang rusak, tekanan hidrolik cairan pada power steering akan menurun. Ini dikarenakan cairan akan bocor melalui seal yang rusak tersebut.

Seal rusak, cairan berkurang, kemudian tekanan power steering melemah, menyebabkan setir semakin berat.

Untuk memperbaikinya, steering rack harus diganti secara keseluruhan, tidak bisa hanya dengan mengganti satu seal saja.

Namun, proses penggantian power steering bisa dikatakan rumit, sehingga lebih baik mengganti semuanya dibanding membetulkan satu seal saja.

Dua Roda Depan Tidak Sejajar

Posisi roda depan juga dapat mempengaruhi berat setir mobil. Semakin sering mobil dipakai berkendara, posisi roda depan akan menjadi tidak sejajar.

Jika roda tidak sejajar, memutar lingkar setir kemudi akan menjadi lebih sulit. Hal ini bisa jadi akibat dari jarangnya mobil di servis, terutama spooring.

Spooring dan balancing adalah satu-satunya solusi untuk membuat roda ban menjadi sejajar. Sehingga pengendalian mobil akan lebih ringan dan stabil.

Long Tie Rod Rusak

Long tie rod adalah komponen besi memanjang yang menghubungkan rack steer dengan steering knuckle. Pada ujung long tie rod ada komponen ball joint yang menjadi sendi pada roda. Bagian ini lah yang rentan rusak.

Sendi ball joint di long tie rod bisa rusak, biasanya dikarenakan mobil terlalu sering dibawa melewati jalan rusak dan bergelombang.

Selain membuat setir berat, gejala rusaknya long tie rod adalah setir mobil akan terasa bergetar.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki ini adalah dengan mengganti tie rod secara keseluruhan.

Tekanan Angin Ban Kurang

Selain komponen kaki-kaki, ban mobil juga bisa menjadi penyebab setir mobil lebih berat. Mobil akan terasa lebih sulit dibelokkan, salah satu alasannya adalah tekanan udara di ban kurang.

Tekanan udara yang tidak sesuai standar akan sangat merugikan. Selain membuat manuver mobil lebih sulit, ban akan menjadi botak lebih cepat, atau bahkan bocor/rusak.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengecek tekanan ban secara rutin sebelum menggunakan mobil. Jika tekanan kurang, segera isi ban dengan angin agar tekanannya selalu sesuai standar.

Di lain sisi, penggantian ban perlu dilakukan jika ban sudah botak.

Tekanan Pompa Power Steering Lemah

Pada power steering, bukan hanya cairan saja yang mempengaruhi tenaga untuk menggerakkan ban. Pompa dalam kap mesin juga memiliki peran.

Dan seperti komponen mobil lainnya, pompa power steering memiliki usia penggunaan. Jika kondisi pompa sudah tidak layak atau rusak, tekanan yang dihasilkan pastinya berkurang untuk membantu menggerakkan setir mobil.

Jadi, akan ada saatnya untuk mengganti pompa power steering. Namun, di luar sana banyak yang menjual pompa bekas, yang mana ketahanannya lebih singkat. Perlu ketelitian lebih untuk membeli pompa power steering yang baru. [ABP/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar