Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Belum Ada Aturan Jelas, Gaikindo Belum Fokus pada Mobil Listrik

Berita Otomotif

Belum Ada Aturan Jelas, Gaikindo Belum Fokus pada Mobil Listrik

JAKARTA - Meski sudah ada signal dari Pemerintah soal perhatiaannya pada penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil, namun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tampak masih skeptis dan belum mau berkomentar lebih lanjut.

Pemerintah saat ini sepertinya sudah mulai memperhatikan teknologi khususnya pada teknologi kendaraan. Hal ini bisa terlihat dengan bergulirnya dengan wacana untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil.

Meski demikian, Gaikindo masih belum bisa berkomentar banyak. Hal ini dikarenakan aturan tentang mobil listrik masih belum jelas ditetapkan oleh Pemerintahan saat ini.

“Kami ini pelaku bisnis jadi kalau Pemerintah mengarahkannya kemana, kami ikut. Mobil listrik ini sampai sekarang belum ada patokannya. Misalnya aturan mainnya seperti apa, pajak-pajaknya seperti apa, naih itu semua masih belum jelas,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Tak hanya itu, dikarenakan aturan yang belum jelas, Ia pun menegaskan bahwa baik dari manufaktur maupun Pemerintah, kesiapan ke arah sana pun terbilang belum ada.

“Belum siap kita (Pemerintah dan manufaktur), maunya Pemerintah itu apa? Karena mobil listri itu mahal sekali, sekarang kalau kita masukin mobil listrik lalu tidak laku bagaimana? Kan harus ada aturan mainnya, perpajakannya dan segala macemnya. Inilah yang belum Kami (Gaikindo) terima,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo dikabarkan tengah merancang aturan terkait mobil listrik. Aturan tersebut diharapkan mampu mendorong kehadiran mobil listrik di Indonesia sehingga polusi udara di Indonesia dapat berkurang.

Pajak mobil listrik diusulkan akan ringan sehingga dapat berkompetisi dengan mobil pembakaran konvensional yang saat ini masih menjadi andalan masyarakat. Tak hanya itu, dengan adanya keringanan pajak tersebut maka diharapkan manufaktur pun tertarik untuk memproduksinya di dalam negeri.

Sementara itu, sebenarnya Indonesia sudah tidak asing dengan mobil listrik. Beberapa mobil listrik telah dikembangkan pada Pemerintahan sebelumnya. Sayang, nasibnya tidak terdengar lagi dan bahkan pengembangnya justru dijadikan tersangka dalam kasus korupsi pengadaan kendaraan. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang