Belum Ada Aturan Jelas, Gaikindo Belum Fokus pada Mobil Listrik

Berita Otomotif

Belum Ada Aturan Jelas, Gaikindo Belum Fokus pada Mobil Listrik

JAKARTA - Meski sudah ada signal dari Pemerintah soal perhatiaannya pada penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil, namun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tampak masih skeptis dan belum mau berkomentar lebih lanjut.

Pemerintah saat ini sepertinya sudah mulai memperhatikan teknologi khususnya pada teknologi kendaraan. Hal ini bisa terlihat dengan bergulirnya dengan wacana untuk meningkatkan penggunaan kendaraan listrik khususnya mobil.

Meski demikian, Gaikindo masih belum bisa berkomentar banyak. Hal ini dikarenakan aturan tentang mobil listrik masih belum jelas ditetapkan oleh Pemerintahan saat ini.

“Kami ini pelaku bisnis jadi kalau Pemerintah mengarahkannya kemana, kami ikut. Mobil listrik ini sampai sekarang belum ada patokannya. Misalnya aturan mainnya seperti apa, pajak-pajaknya seperti apa, naih itu semua masih belum jelas,” ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Tak hanya itu, dikarenakan aturan yang belum jelas, Ia pun menegaskan bahwa baik dari manufaktur maupun Pemerintah, kesiapan ke arah sana pun terbilang belum ada.

“Belum siap kita (Pemerintah dan manufaktur), maunya Pemerintah itu apa? Karena mobil listri itu mahal sekali, sekarang kalau kita masukin mobil listrik lalu tidak laku bagaimana? Kan harus ada aturan mainnya, perpajakannya dan segala macemnya. Inilah yang belum Kami (Gaikindo) terima,” tambahnya.

Presiden Joko Widodo dikabarkan tengah merancang aturan terkait mobil listrik. Aturan tersebut diharapkan mampu mendorong kehadiran mobil listrik di Indonesia sehingga polusi udara di Indonesia dapat berkurang.

Pajak mobil listrik diusulkan akan ringan sehingga dapat berkompetisi dengan mobil pembakaran konvensional yang saat ini masih menjadi andalan masyarakat. Tak hanya itu, dengan adanya keringanan pajak tersebut maka diharapkan manufaktur pun tertarik untuk memproduksinya di dalam negeri.

Sementara itu, sebenarnya Indonesia sudah tidak asing dengan mobil listrik. Beberapa mobil listrik telah dikembangkan pada Pemerintahan sebelumnya. Sayang, nasibnya tidak terdengar lagi dan bahkan pengembangnya justru dijadikan tersangka dalam kasus korupsi pengadaan kendaraan. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual