Beli Mobil Bekas, Solusi Dapat Kredit DP Rp10 Juta Cicilan Rp2 Juta

Panduan Pembeli

Beli Mobil Bekas, Solusi Dapat Kredit DP Rp10 Juta Cicilan Rp2 Juta

Jika sedang mencari paket kredit kendaraan bermotor yang luar biasa ringan, Anda bisa melirik mobil bekas. DP (Down Payment/uang muka) Rp10 juta dan cicilan Rp2 juta per bulan bahkan bisa Anda temukan.

Penduduk Indonesia yang belum memiliki mobil masih sangat banyak jumlahnya. Ini bisa dilihat dari rasio kepemilikan mobil menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, dalam sebuah webinar beberapa waktu lalu, mengatakan baru ada 99 mobil per 1.000 penduduk Tanah Air.

Kondisi tersebut masih jauh di bawah negara-negara tetangga seperti Malaysia maupun Thailand.

Melihat fakta di atas, tak mengherankan kalau mobil masih menjadi barang impian banyak orang di sekitar kita.

Di sisi lain, mayoritas masyarakat negeri ini disebut beberapa eksekutif agen pemegang merek (APM) masih amat tergantung pada paket kredit ringan untuk bisa membeli kendaraan. Mereka mendambakan kredit dengan DP rendah serta cicilan ringan.

Sayangnya, hingga detik ini Anda tidak akan bisa menemukan paket kredit seringan DP Rp10 juta dan cicilan Rp2 juta per bulan di pasar mobil baru. Jika kemampuan kredit yang Anda miliki hanya sejumlah itu, pasar mobil bekas adalah solusinya.

Nah, mari kita bahas beberapa model mobil bekas yang bisa Anda dapatkan dengan kredit DP Rp10 juta serta cicilan Rp2 juta setiap bulannya, berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber.

Akan tetapi, sebelum itu, mari kita bahas dulu keuntungan membeli mobil bekas alih-alih mobil baru agar Anda lebih mantap melangkah.

Keuntungan Beli Mobil Bekas, Harga Murah dan Banyak Paket Kredit

Seandainya Anda ingin punya mobil tapi hanya punya modal yang sangat terbatas, mobil bekas adalah opsi yang sangat bisa dipilih. Berikut alasan-alasannya:

  • Unit Harga Sangat Murah Hingga Sangat Mahal Tersedia

Ya, di pasar mobil bekas, Anda bisa menemukan unit-unit dengan rentang harga yang sangat luas. Unit seharga masih puluhan juta rupiah dengan usia kurang dari 10 tahun pun ada. Misalnya model-model LGCG bekas dari tahun-tahun produksi awal (2013 atau 2014).

Kondisi tersebut tentu saja berbeda dengan pasar mobil baru. Model termurah saat ini pastinya di atas Rp100 juta dan fitur yang Anda dapat tentunya amat minim.

  • Paket Kredit Bervariasi

Hanya di pasar mobil bekas, Anda bisa menemukan paket kredit dengan DP Rp5 juta atau Rp10 juta. Ada pula unit-unit dengan angsuran bulanan Rp1 jutaan atau Rp2 jutaan.

Jika membeli mobil baru, DP rata-rata antara 20-25 persen dari harga jual. Artinya, seandainya harga mobil Rp100 juta saja, Anda perlu menyiapkan DP Rp20-25 juta. Belum lagi biaya-biaya lainya seperti biaya provisi atau jasa kredit, biaya asuransi, dan pembayaran angsuran bulan pertama.

  • Siap Langsung Pakai

Mobil bekas bisa langsung ‘di-gas’ untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Pasalnya, unit-unitnya hampir pasti sudah memiliki surat-surat seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Ini tidak akan terjadi kalau Anda memboyong mobil baru. Ada masa tunggu atau inden dari mulai beberapa pekan sampai beberapa bulan untuk proses persetujuan aplikasi kredit, administrasi, dan pembuatan surat-surat.

Sementara itu, kalau membeli mobil bekas, Anda tinggal mengecek kelengkapan surat-surat plus status pajak tahunan dan lima tahunan dari unit yang ingin Anda beli.

Jangan lupa pula cermati kondisi teknis mobil dari berbagai sisi seperti kinerja mesin, kaki-kaki, maupun kelistrikan.

Tips Dapat Mobil Bekas DP Rp10 Juta & Angsuran Rp2 Juta Berkondisi Baik

Bagaimana, sudah mantap ingin membeli mobil bekas murah dengan kredit DP Rp10 juta serta cicilan Rp2 juta? Kalau sudah, ‘pekerjaan rumah’ Anda sekarang tinggal bagaimana mencari serta menemukan unit berkondisi bagus dengan paket kredit seringan itu.

Simak berbagai tips agar Anda sukses melakukannya:

  • Telusuri Situs-situs Jual Beli Mobil Populer dan Tepercaya

Anda bisa saja mendatangi diler-diler mobil bekas di berbagai lokasi satu-persatu. Akan tetapi, cara ‘kuno’ itu dijamin bakal memakan waktu, tenaga, hingga biaya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menelusuri situs-situs jual-beli mobil di Indonesia. Pilih situs populer dan menjadi tujuan banyak diler mobil seken untuk beriklan. Selain itu, pilih juga situs tepercaya yang mewajibkan calon pengiklan melakukan verifikasi identitas.

Mobil123.com merupakan situs jual-beli kendaraan dengan ratusan ribu iklan dari segudang diler terverifikasi yang dapat Anda masuki.

Manfaatkan fitur filter (penyaring) di Mobil123.com untuk mencari segmentasi mobil bekas idaman Anda secara lebih mendetail. Anda juga bisa mencari berdasarkan keyword (kata kunci) ‘DP 10 juta’ dalam fitur itu.

  • Cari Mobil Bekas dari Segmen Murah Seperti LCGC dan LMPV

Untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan mobil bekas DP Rp10 juta cicilan Rp2 juta berkondisi relatif bagus, fokuskan usaha pencarian Anda pada model-model yang memang menempati segmen kendaraan murah, dengan harga unit barunya di Rp100-200 jutaan.

Misalnya saja model-model di segmen low cost green car (LCGC/mobil murah ramah lingkungan) ataupun low multi purpose vehicle (LMPV).

Dengan cara ini, Anda punya potensi lebih besar menemukan unit seken murah dengan paket kredit menggoda serta berusia tak terlalu tua.

Suku cadang model-model di segmen murah semisal LCGC maupun LMPV pun relatif mudah didapat sehingga perawatan, servis, atau perbaikan kendaraan nanti juga lebih gampang.

  • Libatkan Teknisi Kepercayaan Anda

Jika sudah mendapatkan unit dengan spesifikasi yang Anda incar, selanjutnya tinggal memeriksanya secara langsung di tempat diler. Pastikan Anda menyambangi diler dengan membawa serta teknisi bengkel yang sudah Anda percaya.

Ajak dia memeriksa berbagai bagian dari mobil seperti bodi, mesin, kaki-kaki, interior, dan lain-lain. Setelah itu, jajal kendaraan tersebut dengan mengendarainya di kondisi jalan mulus dan agak ‘bergelombang’.

Cek pula riwayat servisnya, apakah tercatat dengan baik atau tidak. Ini pastinya akan menjadi nilai lebih.

  • Cek Surat-Surat

Terakhir, jangan sampai lalai memeriksa kelengkapan serta status surat-surat. Pastikan unit masih punya setidak-tidaknya BPKB ataupun STNK.

Cek pula status pajak tahunan serta lima tahunan dari unit yang Anda incar. Jika pajaknya mati, Anda punya ‘pekerjaan rumah’ lebih, tapi harga unit di sisi lain akan menjadi lebih murah.

Model Mobil Bekas DP Rp10 Juta Cicilan Rp2 Juta

Berikut Mobil123.com sebutkan beberapa contoh model yang bisa Anda dapatkan dengan paket kredit super ringan seperti DP Rp10 juta dan cicilan Rp2 juta di pasar mobil bekas:

  • Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

‘Mobil sejuta umat’ ini sudah eksis di pasar otomotif Indonesia sejak 2004 dan bertahan terus sampai sekarang. Harga bekasnya, dari tahun produksi tertua hingga terkini, sudah amat terjangkau.

Sebagai gambaran harga, Avanza bekas 2004 termurah di Mobil123.com ketika artikel ini dibuat, berharga Rp73 juta. Xenia lebih menggoda lagi secara harga karena ada unit rakitan 2010 dengan banderol Rp66,3 juta.

  • Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Model lain dari dua merek yang sama, Agya dan Ayla, juga sudah bisa dibeli dengan harga maupun paket kredit amat murah. Adapun dua city car di segmen LCGC ini sudah eksis di Indonesia sejak 2013.

Sebagai ilustrasi saja, Agya bekas 2015 termurah di Mobil123.com kini hanya Rp71 juta. Adapun Ayla bekas 2016 Rp69 juta.

  • Suzuki Karimun Wagon R

Contoh lain adalah Karimun Wagon R, LCGC bikinan Suzuki. Seperti Agya-Ayla, city car tersebut hadir di Indonesia sejak 2013.

Sebagai gambaran harga, Karimun Wagon R bekas 2014 bisa Anda sengget dengan harga cuma Rp70 juta.

Selamat berburu mobil bekas dengan kredit DP Rp10 juta dan cicilan Rp2 juta, ya, Mobilovers! [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar