Begini Cara Engineer Tim Formula 1 Membuat Baut

Berita Otomotif

Begini Cara Engineer Tim Formula 1 Membuat Baut

BUCKINGHAMSHIRE – Para teknisi atau engineer yang bekerja dalam tim Formula 1 (F1) sangat detail oriented. Semua aspek dihitung, termasuk detail terakhir dari kualitas baut.

Yup, jika Anda mungkin mengganggap sepele keberadaan baut, tidak dengan mereka (Para teknisi). Ini merupakan bagian dari safety, tak terbayang jika salah satu baut jet darat ini bermasalah saat melaju pada kecepatan 300 km/jam plus.

Tim Red Bull Racing mencoba menunjukkan bagaimana timnya begitu serius membuat sebuah baut dengan detail terbaik guna menggapai kesempurnaan.  

Dalam video kita dapat melihat bagaimana sebuah baut dibuat. Prosesnya begitu rumit, hitung-hitungan ukuran, material dan juga alat-alat canggih yang digunakan tentunya mengundang decak kagum.

Seorang insinyur menggambar di selembar kertas dan kemudian segera bergerak ke modeling 3D. Rekayasa gambar terlihat sangat rinci rinci demikian dengan pembuatannya.

Tim QC kemudian memeriksa baut yang baru dibuat dengan cermat. Mirkrometer dan mikroskop digunakan untuk memastikan kualitas baut. Kemudian baut itu diberi kode lewat ukiran laser sebelum dikemas dan disimpan dalam gudang.

Jika membuat baut saja sudah sedetail ini, bagaimana dengan membuat perangkat lain?

Ingat, kegagalan komponen dalam olahraga motorsport porfesional tidak dapat ditolerir. Jika perangkat malfungsi dan menjadi penyebab kegagalan lomba, akan merusak semua persiapan tim. Dan tanggungan dana juga tak sedikit nilainya.

.

[Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual