Bedah Keunggulan New MINI 5-Pintu

Mobil Baru

Bedah Keunggulan New MINI 5-Pintu

JAKARTA - Untuk pertama kalinya new MINI 5-pintu meramaikan pasar hatchback premium Indonesia. New MINI 5-pintu hadir dengan karakter khas dan mengedepankan kepraktisan yang diraih melalui tambahan ruang di kabin penumpang.

New MINI Cooper 5-pintu memiliki panjang 3.982 milimeter (new MINI Cooper S 5-pintu 4.005 milimeter), lebar 1.727 milimeter dan tinggi 1.425 milimeter. Dimensi ini membuat New MINI Cooper 5-Door 161 milimeter lebih panjang dan 11 milimeter lebih tinggi dari MINI 3-pintu, dengan lebar yang sama.

Sementara itu, new MINI Cooper S 5-pintu lebih panjang 155 milimeter daripada MINI 3-pintu. Jarak sumbu roda juga telah diperpanjang 72 milimeter menjadi 2.567 milimeter, sedangkan jarak pijak roda tetap sama dengan MINI 3-pintu.

Kenyamanan interior juga telah disempurnakan. Berkat jarak sumbu roda yang telah diperpanjang, penumpang belakang dapat menikmati ruang kaki 37 milimeter lebih luas, ruang tambahan ini juga memungkinkan adanya kursi untuk penumpang kelima di kursi baris kedua. Hadirnya dua pintu tambahan juga memberikan akses lebih nyaman ke kursi belakang.

Volume bagasi juga bertambah 67 liter menjadi 278 liter atau sekitar 30 persen lebih besar dibandingkan MINI 3-Door. Fleksibilitas varian baru ini juga makin praktis melalui sandaran kursi yang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40 yang memungkinkan volume ruang bagasi untuk meningkat hingga 941 liter.

Untuk urusan mesin new MINI Cooper disokong mesin 1.5-liter Twin Power Turbo 3 silinder dengan tenaga 136 hp pada 4.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 220 Nm (230 Nm pada 1.300 rpm melalui fungsi overboost) antara 1.250 -i 4.000 rpm.

New MINI Cooper 5-Door dapat melesat dari 0 sampai 100 km/jam dalam waktu 8.1 detik, dengan kecepatan maksimum 207 km/jam. Konsumsi rata-rata bahan bakar New MINI Cooper 5-Door adalah 20 km/l dengan tingkat emisi CO2 115 g/100km (siklus tes Uni Eropa).

Dan new MINI Cooper S dibekali mesin kapasitas 2.0-liter 4 silinder dengan tenaga puncak sebesar 192 hp di rentang 4700 dan 6000 rpm, serta torsi maksimum sebesar 280 Nm mulai dari 1250 sampai 4750 rpm.

Torsi bahkan dapat meningkat hingga 300 Nm melalui fungsi overboost. Hasilnya, akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 6.8 detik, dengan kecepatan maksimum 230 km/jam. Konsumsi rata-rata bahan bakar New MINI Cooper S 5-Door adalah 18.2 km/l dengan tingkat emisi CO2 127 g/100km (siklus tes Uni Eropa).

Transmisi otomatis 5-speed yang menawarkan efisiensi serta perpindahan gigi yang lembut di MINI Cooper maupun Cooper S. Inovasi ini dicapai melalui sistem kontrol transmisi yang lebih efisien, fungsi mekanikal yang diperbarui dan fungsi hidrolik yang dioptimalkan. New MINI 5-pintu memadukan transmisi otomatis dengan fungsi engine start/stop otomatis, sehingga mencegah penggunaan bahan bakar berlebih khususnya pada saat berhenti di lampu merah, persimpangan atau di kemacetan lalu lintas.

Melalui sistem navigasi MINI, transmisi otomatis tersebut juga mampu memperhitungkan rute melalui riwayat perpindahan gigi. Berdasarkan data navigasi, posisi transmisi disesuaikan dengan kondisi jalan, seperti di persimpangan atau tikungan. Hal ini dapat mencegah perpindahan gigi yang tidak diperlukan antara dua tikungan pendek.

Teknologi MINIMALISM hadir sebagai standar diseluruh varian, tidak hanya mencakup fungsi engine start/stop otomatis tapi juga pengukuran ekstensif untuk mengoptimalkan beban dan hambatan udara yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar New MINI 5-pintu. Pengukuran lain mencakup regenerasi energi rem, aktivitas pompa bahan bakar, pompa pendingin, serta unit pendukung lainnya.

Teknologi suspensi dari New MINI 5-pintu mempertahankan rancang bangun yang sudah teruji melalui single-joint spring strut axle di depan dan multilink axle di belakang. Ini merupakan kombinasi unik di segmennya yang kompetitif. Pada New MINI 5-pintu setiap komponen telah dioptimalkan dengan pemilihan material dan geometri terbaik untuk menciptakan pengendalian kendaraan khas MINI yang digemari atau sering disebut sebagai sensasi 'go-kart'.

MINI Driving Modes menyediakan efisiensi bahan bakar dan pengalaman berkendara sporty. Aktivasi moda standar atau MID, SPORT atau GREEN dilakukan dengan menggeser sebuah sakelar memutar yang terletak di dasar tuas transmisi.

New MINI 5-pintu dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Cornering Brake Control (CBC) dan brake assistant. Kendaraan ini juga memiliki Dynamic Stability Control (DSC) yang mencakup drive-off assistant, fungsi pengeringan rem, Fading Brake Support dan moda DTC (Dynamic Traction Control). DTC, khususnya, memungkinkan slip pada roda penggerak untuk memudahkan kendali di atas permukaan pasir.

Ketika DSC dinonaktifkan, fungsi penguncian elektronik untuk as roda depan yang secara selektif dan tepat mengurangi laju roda yang berputar lebih banyak seperti pada sudut yang tajam  dan mengarahkan kembali torsi ke roda lainnya. Sistem yang dikenal sebagai Electronic Differential Lock Control (EDLC) ini mendukung gerak momentum ke depan tanpa mengurangi respon lingkar kemudi.

New MINI Cooper S 5-Door juga dilengkapi dengan sistem Performance Control, yang mengurangi understeer sebelum mencapai ambang batas. Hal ini mendukung respon kendaraan saat menikung.

Roda 16" yang berbentuk seperti pusaran pada new MINI Cooper 5-pintu sangat ringan dan aerodinamis. Sementara itu pada new MINI Cooper S 5-pintu dilengkapi dengan velg ringan Roulette Spoke 17"i. Untuk memastikan keselamatan dan mobilitas, ban Run Flat Tires tersedia sebagai standar.

Fitur canggih MINI Connected untuk kenyamanan, fungsionalitas dan gaya individual. Fitur canggih yang mengintegrasikan media sosial, informasi dan entertainment dengan Apple iPhone maupun smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. MINI Connected dapat diaplikasikan menggunakan aplikasi smartphone untuk mengaktifkan fungsi-fungsi yang terkait dengan keseruan berkendara.

Mulai dari Mission Control, Dynamic Music, Driving Excitement dan MINIMALISM Analyser, serta layanan berbasis online seperti fungsi radio web, penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare, tampilan berita melalui RSS feed dan fitur hiburan seperti AUPEO! dan TuneIn. Dengan layar berwarna di MINI central instrument, semua fungsi dapat dioperasikan dengan gaya khas MINI - lebih nyaman, intuitif dan aman dibandingkan sebelumnya. [Ikh/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support