Bedah All-New Nissan X-Trail

Review

Bedah All-New Nissan X-Trail

JAKARTA - Jagoan baru Nissan, All-New Nissan X-Trail baru saja diluncurkan. Mobil yang dilahirkan di Purwakarta ini membuat Nissan yakin menatap pasar Sport Utility Vehicle (SUV) yang makin ketat.

Di pasar, All-New Nissan X-Trail akan melawan para jagoan yang sudah eksis sebelumnya seperti Chevrolet Captiva, Mazda CX-5 dan Honda CR-V. Untuk melawan mereka, banyak pengubahan yang dilakukan oleh Nissan di hampir semua sektor X-Trail. Kesan boxy di eksterior tidak lagi ada.

3 tipe All-New X-Trail digelontorkan mulai dari All-New Nissan X-Trail 2.0 liter bertransmisi manual yang dibanderol Rp 355 juta, All-New Nissan X-Trail 2.0 liter CVT berharga Rp 385 juta dan All-New Nissan X-Trail 2.5 liter CVT yang dihargai Rp 403,5 juta. Itu semua angka on-the-road Jakarta.

Tapi NIssan mengatakan harga-harga tersebut tidak mengikat. Sebab kabarnya akan naik hingga Rp 20 jutaan meski Nissan belum mengatakan kapan akan mulai menaikkan harganya.

Lalu, apa yang membuat Nissan percaya diri dengan mobilnya ini? Mari kita bedah bersama.

Desain Atraktif

Garis-garis desain All-New Nissan X-Trail memiliki karakter tajam untuk memberikan tampilan sporty. Dari sisi desain ini, jangan berharap akan menemukan nafas X-Trail lama di model terbaru.

Untuk melawan rival-rivalnya, garis-garis desain lentur dan dinamis dipilih untuk menciptakan kesan modern dan stylish di model ini. Kesan maskulin tetap masih terasa kuat dan sekilas pandang X-Trail terbaru tampak mengambil inspirasi desain yang sama dengan Murano.

Wheelbase-nya bertambah panjang 75 mm menjadi 2705mm. Lebarnya bertambah 30 mm menjadi 1820 mm. Ketinggiannya bertambah 10 mm menjadi 1710 mm dan panjangnya hanya bertambah 5 mm menjadi 4640 mm. Bertambahnya dimensi mobil ini membawa efek positif yakni ruang kabin menjadi bertambah lapang.

Di bagian depan, kesan futuristik pun hadir dengan adanya lampu LED DRL (daytime running lights) yang secara langsung mampu membuat penampilannya menjadi kian agresif.

Untuk menunjang DRL yang didesain secara sleek tadi, X-Trail menghadirkan LED Headlights baik untuk lampu rendah dan lampu tinggi yang didesain secara eksklusif untuk segmen ini (2.0 CVT & 2.5 CVT grades) sehingga sorotan lampu lebih terang dan tampil tegas dengan konsumsi energi lebih rendah.

Interior Memukau

Melanjutkan keunggulannya, interior All-New Nissan X-Trail juga didesain khusus untuk menebar aura premium. Baris kursi kedua yang paling luas dan mudah dikonfigurasikan baik ketika diturunkan ataupun digeser, sehingga memberikan theater view serta keleluasaan bergerak untuk para penumpang.

Untuk melengkapi pengalaman premium, bangku depan All-New Nissan X-Trail dilengkapi dengan Spinal Support Technology yang didesain untuk menopang tulang belakang dengan sempurna, memberikan kenyamanan sempurna walau berkendara dalam waktu lama.

Bangku baris ketiga bergaya stadium yang bisa dilipat tepat di tengahnya (50/50) dengan sempurna menambah fleksibilitas untuk para penumpang.

Sesuai dengan penelitian internal NMI, X-Trail ini memiliki head room (120 mm)  dan leg room (200 mm) baris kedua terluas dalam kelasnya. Panjang kabin (2750) dan driver head room (140 mm) paling luas dalam segmen.

Di dasboard mobil banyak tombol-tombol pengaturan audio, penyejuk kabin dan fitur lainnya yang ergonomis. Duduk di balik kemudinya juga dapat diatur dengan mudah untuk mendapatkan posisi mengemudi terbaik.

Dimensi yang makin membesar bukan hanya membawa efek positif bagi kenyamanan para penumpang, tapi juga ketika harus membawa banyak barang. Sebab All-New Nissan X-Trail memanjakan para pemilik kendaraan dalam setiap interaksinya.

Ketika Anda membawa banyak belanjaan dan harus membuka bagasi belakang, Power Tail Gate pada X-Trail ini dapat dioperasikan secara hands free, jadi bagasi bisa terbuka dengan mudah.

Performa dan Fitur

Nissan X-Trail teranyar ini tersedia 2 pilihan mesin yakni 2.0-liter dan 2.5-liter. Untuk mesin 2.0 kekuatan yang mampu dihasilkan adalah 144 PS. Tenaga ini kemudian disalurkan melalui transmisi 6-speed untuk versi manual dan Xtronic CVT.

Ada pula All-New Nissan X-Trail bermesin 2.5 yang mampu menghasilkan tenaga 171 PS.

Untuk menambah kepercayaan diri, fitur-fitur seperti Electronic Stability Program, termasuk Active Ride Control, Active Engine Brake dan Cornering Stability Assist tertanam.

Ketika keluar jalur, ada fitur Lane Deviating Warning yang akan memeringatkan pengemudi. Moving Object Detection bakal mendeteksi benda-benda yang berada di seputar mobil dan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Ada pula fitur lain yang cukup membantu yakni Around View Monitor. Fitur ini menggunakan empat kamera super wide-angle kecil yang diletakkan pada bagian depan, samping, dan belakang kendaraan untuk memudahkan pengendara melihat obyek-obyek sekitar dengan bird’s eye view 360-derajat.

Fitur ini juga memungkinkan pengendara untuk memilih beberapa tampilan close up dari objek di depan dan belakang sehingga membantu pengemudi untuk bermanuver di tempat-tempat yang sempit. [Ikh/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual