Oper Gigi Mundur di Daihatsu Rocky Manual Tidak Sulit

Review

Oper Gigi Mundur di Daihatsu Rocky Manual Tidak Sulit

KARAWANG – Oper gigi mundur di Daihatsu Rocky transmisi manual ternyata tidak sulit. Selama ini transmisi manual pada mobil-mobil hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu memiliki karakter unik.

Keunikan tersebut sebenarnya sedikit mengganggu, karena biasanya perpindahan gigi terasa kurang nyaman. Bahkan, sering kali ada kesulitan untuk memasukkan gigi mundur.

Biasanya cara untuk mengatasinya, yaitu dengan melepas kopling dan melakukan semua gerakan perpindahan gigi kembali dari awal.

Lantas apakah pada Daihatsu Rocky transmisi manual, karakter tersebut masih ada? Kami pun mencobanya langsung di Karawang beberapa waktu lalu untuk mengetahui hal tersebut.

Pada kesempatan ini kami menggunakan Daihatsu Rocky 1.2 MT yang baru diluncurkan Juni lalu.

Daihatsu Rocky

Saat duduk di kursi pengemudi kami merasa bahwa ruang kaki pada Daihatsu Rocky manual terasa lebih luas bila dibandingkan dengan varian CVT. Hal ini sebenarnya terbilang wajar, karena pada varian manual ada pedal kopling yang harus dioperasikan sendiri oleh pengemudi.

Kopling pun kami injak dan masuk gigi 1. Kesan pertama saat memasukkan tuas transmisi ke gigi 1 rasanya cukup menyenangkan, karena lebih presisi bila dibandingkan dengan transmisi manual mobil kolaborasi antara Toyota dan Daihastu lain.

Melaju melintasi trek, perpindahan gigi kami lakukan pada 4.000- 5.000 rpm. Perpindahan gigi terasa cukup pas dan mobil bisa berakselerasi sesuai dengan keinginan kami.

Menariknya lagi ada beberapa lokasi jalan yang mengharuskan kami menanjak cukup tinggi dan berbelok. Umumnya, bila menghadapi kondisi tersebut kami harus menurunkan gigi ke 1, tapi Daihatsu Rocky tetap bisa menanjak dengan baik di posisi gigi 2.

Kemudian kami juga mencoba untuk memasukkan gigi mundur di jalan datar. Umumnya pada transmisi manual mobil kolaborasi antara Toyota–Daihastu, perpindahan gigi akan sedikit sulit. Namun pada Daihatsu Rocky 1.2 manual kondisi ini tidak terjadi.

Perpindahan gigi mundur bisa langsung dilakukan dan mobil dapat dimundurkan dengan mudah.

Daihatsu terbilang berhasil dalam mengembangkan transmisi manual di Rocky. Tentunya diharapkan kenyamanan ini juga akan disematkan pada model-model Daihatsu lainnya. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar