Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Seputar Nano Ceramic Coating

Berita Otomotif

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Seputar Nano Ceramic Coating

JAKARTA – Pengaplikasian nano ceramic coating pada bodi mobil kini tengah naik daun. Sebab, ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan langsung oleh pemilik mobil.

Nano ceramic coating merupakan teknik pelapisan cat pada bodi mobil sehingga membuat tampilannya terlihat bersih seolah baru keluar dari diler. Tak cuma itu, bisa juga melindungi cat dari berbagai macam goresan. 

Oleh karena itu, sangat disarankan kepada pemilik mobil supaya langsung melapisi kendaraan kesayangannya dengan nano ceramic tanpa harus menunggu banyak goresan di bodi.

Chief Strategy Officer Scuto Raymundus Arief mengatakan bahwa mobil keluaran baru sekarang catnya relatif tipis. Maka itu, Scuto hadir untuk memudahkan konsumen merawat mobil kesayangan.

Apalagi, lanjut Ray, saat ini banyak konsumen yang memiliki mobil lebih dari satu, dan mobil lainnya terpaksa diparkir di outdoor. Hal itu, bisa menimbulkan mobil jadi rentan kusam, karena cuaca tropis serta debu dan asap.

"Kena hujan, panas, air hujan sampai menempel kering di bodi mobil. Apalagi di kaca, bisa jadi kerak dan jamur, belum lagi bagian pelek ban juga mudah berkarat. Kalau sudah kondisi begitu, kusam, perlu repaint. Nah, nano ceramic jadi solusi pecinta otomotif di Indonesia,” ujar Ray belum lama ini.

Tahapan Nano Ceramic

Lantas, seperti apa tahapan pengaplikasian nano ceramic coating pada bodi mobil? Berikut, uraian singkatnya.

Saat mobil masuk, tahap pertama akan ada detailing terlebih dahulu.

Selanjutnya mobil dibersihkan, baret-baret halus juga dihilangkan, baru setelahnya diaplikasikan nano ceramic.

Nano ceramic sendiri berbahan cairan liquid. Jadi, jika cairan sudah kering, akan berubah menjadi kaca yang keras. 

Selanjutnya, setelah diaplikasikan ke bodi mobil, cairan liquid akan menyerap ke dalam pori-pori secara permanen. 

Seperti tampered glass pada lapisan layar handphone, lapisan kaca yang keras itulah yang akan melindungi cat kendaraan.

Perawatan Mobil

Tidak ada perawatan khusus untuk mobil yang sudah diberi lapisan nano ceramic, karena mobil sudah terlindungi dengan baik dan aman dari goresan halus.

Setelah mobil Anda sudah terlindungi dari lapisan nano ceramic, nantinya tidak perlu repot lagi cuci rutin.

“Cuci rutinnya akan berkurang, karena bodi mobil dengan nano ceramic akan lebih mengkilap, jadi hanya butuh di lap saja,” pungkas Ray.

Scuto

Harga Nano Ceramic

Khusus di Scuto, harga diatur berdasarkan ukuran dan tipe mobil. Ada jenis small, medium, large dan luxury.

“Harganya mulai dari Rp3 juta sampai Rp6,5 juta. Ada juga dengan tambahan bahan platinum, harganya naik Rp1,5 juta, bedanya yang platinum ini lapisan nanonya lebih tebal dan mengkilap,” ujarnya.

Untuk pengerjaan sendiri, Ray mengatakan, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 8 hingga 12 jam. 

“Tapi di Scuto, kami tidak terbatas waktu, melainkan berdasarkan hasil. Jika umur mobil sudah lama, banyak baretan maksimal pengerjannya 12 jam,” ungkap Ray.

Setelah mobil terlapisi nano ceramic, di hari ke-3 konsumen diwajibkan untuk cuci mobil. Supaya lapisan nano akan benar-benar solid. 

Scuto akan memberikan masa garansi dua tahun. Konsumen bisa melaukan perawatan di cabang manapun. Tak harus kembali ke Scuto tempat dikerjakan nano ceramic pertama kali.

“Enaknya di Scuto, kami sudah tersebar di 65 kota seluruh Indonesia, kini sudah ada 118 cabang. Jadi kalu nano ceramicnya di Jakarta, mau maintenance di Medan gitu bisa,” ujarnya [Tih/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang