Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BBM Nasional Aman Selama Ramadhan

Berita Otomotif

BBM Nasional Aman Selama Ramadhan

JAKARTA – Pertamina memperkirakan jumlah konsumsi BBM kecuali Solar akan meningkat di bulan Ramadhan, khususnya H-15 hingga H+15 Lebaran.

Untuk konsumsi Premium, Pertamina memprediksi akan meningkat sebesar 15% dari rata-rata harian normal 71.906 KL menjadi 82.496 KL. Sementara Solar bersubsidi diperkirakan turun 12% dari rata-rata harian normal 35.173 KL menjadi 31.118 KL.

Kenaikan diproyeksikan juga terjadi pada Pertamax, yaitu 17% menjadi sekitar 12.000 KL dan Pertalite akan meningkat 43% menjadi 10.200 KL per hari. Proyeksi kenaikan juga terjadi pada LPG, yaitu naik 9% dari rata-rata harian normal 20.866 MT menjadi 22.622 MT.

Pertamina mengklain akan menjaga stok BBM nasional dalam kondisi aman. Ketahanan stok Premium akan mencapai 17 hari, Solar 28 hari. Seiring dengan peningkatan konsumsi Pertamax dan Pertalite, Pertamina menjaga stok Pertamax 25 hari, Pertalite 7 hari, LPG 17 hari.

Beberapa langkah akan dilakukan oleh Pertamina agar menjaga stok BBM di masyarakat. Salah satunya adalah dengan membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) untuk pemantauan ketersediaan BBM serta kesiapan pelayanan kepada masyarakat konsumen, baik di Kantor Pusat maupun setiap kantor Region Pertamina.

Pertamina juga akan mengoperasikan Terminal BBM, SPBU, dan SPBBE sepanjang 24 jam, khususnya di sepanjang jalur mudik utama, yaitu jalur Pantura, Tengah, dan Selatan Jawa, di Banyuwangi untuk penyeberangan menuju Bali, dan Merak menuju Sumatera.

Selain itu, switching tangki timbun di Terminal BBM dan SPBU untuk antisipasi lonjakan permintaan Premium dan Pertamax yang diikuti dengan penambahan atau switching mobil tangki ke Premium. Pertamina juga menyiapkan titik-titik SPBU kantong di wilayah mudik, serta menyediakan 32 titik SPBU Transit khusus sepedamotor. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang