Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BBM Bioetanol Segera Hadir, Ini yang Pemilik Mobil Honda Wajib Tahu!

Berita Otomotif

BBM Bioetanol Segera Hadir, Ini yang Pemilik Mobil Honda Wajib Tahu!

DEPOK – Para pemilik mobil Honda di Indonesia belum bisa mengisi kendaraan mereka dengan bahan bakar minyak (BBM) bioetanol yang segera hadir.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan secara global, sebenarnya Honda sudah memiliki teknologi mesin yang kompatibel dengan BBM bioetanol. Bahkan, ada yang sudah E85 (etanol 85 persen) serta E90 (etanol 90 persen).

Tapi, bicara pasar Indonesia, mobil-mobil Honda belum dilengkapi dengan teknologi tersebut.

“Mesin untuk Indonesia (yang kompatibel dengan bioetanol—Red) memang belum dikembangkan. Tapi, di luar, secara global sudah ada,” ujar dia merespons pertanyaan Mobil123.com di Depok, Jawa Barat pada akhir Juni 2023 kemarin.

Bioetanol Pertamina Green 95

Sekadar mengingatkan, Pertamina pada Juli ini berencana merilis BBM bioetanol untuk kendaraan bermesin bensin. BBM tersebut merupakan campuran antara Pertamax (RON 92) dengan 5 persen etanol yang terbuat dari molase (fermentasi tetesan tebu).

Nantinya, oktan BBM bioetanol Pertamina memiliki RON 95. BBM tersebut digosipkan bakal diberi nama Pertamax Green 95.

Adapun harganya digadang-gadang setara dengan produk-produk BBM RON 95 lain yang sekarang berbanderol di bawah Rp14 ribu per liter.

Honda WR-V

Honda sendiri kini memasarkan 11 model di Tanah Air. Ada Honda Brio, Honda City hatchback, Honda Mobilio, Honda WR-V, Honda BR-V, Honda Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Accord, Honda Civic RS, Honda Civic Type R.

Billy menekankan kalau sebenarnya arah pengembangan produk mereka sejalan dengan kebijakan pemerintah yang semakin ramah lingkungan.

Pada 2040 saja, Honda menargetkan hanya menjual mobil listrik di seluruh dunia—termasuk Indonesia. Pada tahun tersebut, mereka berambisi memproduksi dua juta unit mobil listrik.

“Itu termasuk di Indonesia, ya,” tandas dia.

Honda pun, lanjut Billy, pada tahun ini akan meluncurkan dua mobil hybrid. Secara bertahap, mereka akan beranjak ke mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

“Sekarang, kami akan memantau terus soal bioetanol di Indonesia,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang