Balapan Istimewa: Truk Lawan Salah Satu Mobil Terkencang

Berita Otomotif

Balapan Istimewa: Truk Lawan Salah Satu Mobil Terkencang

KNUTSTORP - Balapan yang satu ini sangat berbeda dan istimewa karena tidak apple-to-apple. Begini masalahnya, mobil satunya adalah salah satu sports car tercepat di dunia, Koenigsegg One:1 sementara lawannya truk Volvo FH.

Baiklah, Anda pasti bisa menebak siapa yang akan lebih dulu menyentuh garish finish. Tapi sebenarnya tantangan ini bertujuan untuk menguji transmisi I-Shift Dual Clutch -- terinspirasi dari dunia balap di mana tanpa jeda perpindahan gear -- milik Volvo FH.

Sebagai perbandingan, Koenigsegg One:1 adalah sebuah mobil sport yang memiliki bobot 1.360 kg dan memiliki tenaga hingga 1.360 HP. Sementara Volvo FH adalah truk yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 500 HP, torsi 200 Nm dan bobot sebesar 8 ton.

“I-Shift Dual Clutch memiliki  sebuah kopling ganda yang terbilang unik dalam pasar kendaraan kelas berat. Namun, teknologi serupa sudah terdapat pada mobil sports. Maka, ini merupakan tantangan sempurna,” ujar Jeff Bird, Press Test Director dari Volvo Trucks.

Tes dilakukan di lintasan balap Knutstorp, Swedia. Meski melakukan start bersamaan, namun Koenigsegg One:1 diharuskan untuk melakukan 2 putaran sementara Volvo FH melakukan sepanjang 1 purtaran. Volvo FH yang dikemudikan oleh Tiff Needell berusaha agar truk yang dikendarainya tidak di overlap.

Sayang, meski sudah hampir mencapai finish, namun di detik-detik akhir Koenigsegg One:1 berhasil melakukan overlapping. Jarak antara kedua kendaraan pun bisa dibilang cukup tipis, hanya beberapa meter saja.

Untuk menyaksikan pergumulan mereka dengan klik di sini. [Adi/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual