Awas, Jangan Ngecharge Handphone di Lighter Mobil

Panduan Pembeli

Awas, Jangan Ngecharge Handphone di Lighter Mobil

JAKARTA – Belakangan ini, orang semakin bergantung dengan gadgetnya masing-masing. Untuk itu, segala cara dilakukan untuk bisa menjaga kondisi baterai smartphone tetap menyala.

Cara paling umum dilakukan saat berpergian adalah mengisi daya di mobil dengan menggunakan charger mobil yang disambungkan pada lighter mobil. Biasanya pengisian dilakukan saat sang pengendara sedang dalam perjalanan.

Namun ternyata kegiatan tersebut tidak mendapat rekomendasi dari Astraworld. Melalui akun twitternya, AstraWorld menyebut kegiatan tersebut dapat merusak kondisi mobil khususnya pada bagian kelistrikan.

Artikel bersambung dibawah

Hal ini disebabkan kondisi listrk di mobil cenderung tidak stabil dan akan semakin tidak stabil dengan digunakannya listrik untuk keperluan pengisian daya baterai ponsel. Kondisi ini dapat mempengaruhi output pada alternator.

Selain mempengaruhi kelistrikan mobil, baterai handphone pun bisa mengalami kerusakan. Umumnya baterai handphone akan menggembung bahkan dalam kondisi ekstrim bisa meledak. 

Melihat resikonya yang besar, maka mengisi daya handphone melalui menjadi tidak disarankan.

Namun bila memang harus melakukan pengisian daya melalui lighter, maka pastikan tidak ada barang yang mudah terbakar di sekitar handphone. Pastikan  juga untuk tidak melakukan penggilan saat handphone di-charge. [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual