Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Aturan Baru: Pemotor Wajib Menggunakaan Sarung Tangan atau Ditilang

Panduan Pembeli

Aturan Baru: Pemotor Wajib Menggunakaan Sarung Tangan atau Ditilang

PARIS – Perancis kini semakin ketat dengan peraturan lalu lintas. Hal ini ditunjukkan dengan aturan baru tentang mengendari sepeda motor.

Dalam peraturan baru tersebut, pengemudi diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan. Bila tidak, maka polisi berhak untuk menilang dan pengendara didenda sebesar € 68 atau setara dengan Rp 988 ribu.

Aturan baru tersebut pun langsung mendapat tentangan dari FFMC (Fédération Française des Motards en Colère) yang merupakan salah satu komunitas motor di Perancis. Mereka beranggapan bahwa penggunaan sarung tangan seharusnya tidak diwajibkan karena tidak membahayakan nyawa orang lain.

“Bukan berarti kami menentang penggunaan sarung tangan. Masalahnya adalah kami dipaksa untuk menggunakannya dan terancam hukuman tolang bila tidak menggunakannya. Tidak ada nyawa yang dibahayakan di sini dan kami bila kami tidak menggunakan sarung tangan, kami juga tidak mengganggu perjalanan orang lain,” ungkap mereka.

Walau demikian, dilansir dari Autoevolution, kebijakan tersebut terbilang masuk akal. Saat berada pengemudi berkendara di tengah cuaca buruk, maka jari tangan akan kedinginan. Jari yang kedinginan tersebut akan kehilangan sedikit kemampuannya dalam mengantisipasi kondisi-kondisi buruk. Hanya perlu sedikit kesalahan dan kecelakaan bisa terjadi.

Tak hanya itu, sarung tangan juga berfungsi untuk melindungi tangan dari luka akibat kecelakaan. Dengan menggunakan sarung tangan maka diharapkan resiko cedera pada telapak tangan dapat terhindarkan. Untuk itulah, aturan yang mewajibkan sarung tangan dianggap tepat untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ? [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang