Asal Usul Porsche Gunakan Angka Legendaris 911

Berita Otomotif

Asal Usul Porsche Gunakan Angka Legendaris 911

STUTTGART – 911, angka yang digunakan Porsche untuk model legendarisnya ternyata memiliki cerita tersendiri, tercipta karena protes yang dilakukan oleh Peugeot. 

Menciptakan sebuah nama pada kendaraan bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang harus dipikirkan sebelum akhirnya identitas produk dilempar kepasaran. Pemilihan nama yang tepat menjadi salah satu faktor produk bakal diterima oleh pasar.

Dalam prosesnya, penamaan sebuah kendaraan pada umumnya berkaitan dengan karakter yang diinginkan. Untuk sebuah model yang dipasarkan secara global, kemungkinan identik dengan pabrikan lain sangat mungkin terjadi.

Artikel bersambung dibawah

Hal ini terjadi pada Porsche saat pertama kali mengenalkan 901 pada 1963. Produsen mobil asal Jerman tersebut mendapat surat teguran keras dari Peugeot. Manufaktur berlambang Singa ini meradang, karena pakem tiga angka dengan nol di tengah sudah menjadi ciri khas mereka.

Kemudian pihak Porsche menyanggupi untuk akhirnya merubah nama model 901 menjadi 911. Pabrikan mobil sport legendaris kemudian menghadapi masalah baru. Angka 901 sudah terpasang di bagian dasbor, buritan dan brosur yang telah dicetak.

Namun tiga angka tersebut dicetak terpisah, sehingga memudahkan pihak Porsche mengganti nol dengan 1. Walhasil mereka hanya perlu mencetak ulang brosur sebagai alat promosinya. Porsche berhasil menangani masalahnya, Peugeot sendiri kembali tersenyum meskipun hingga saat ini tidak ditemukan model 901.

Sementara Porsche 911 terus menjadi legenda dan penerusnya terus hadir dengan inovasi baru. Bahkan jika Anda mencari Peugeot 901 di internet, maka yang ditampilkan justru sejarah Porsche 911. 

[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual