Apple Siapkan Kunci Digital untuk Mobil BMW

Berita Otomotif

Apple Siapkan Kunci Digital untuk Mobil BMW

CALIFORNIA - Apple meluncurkan iOS14 yang menghadirkan fitur baru yaitu kunci digital.

iOS14 ini dirancang untuk menjadikan pengguna iPhone dan Apple Watch lebih mudah untuk mengamankan kendaraanya. Pasalnya, kunci digital ini bisa digunakan untuk membuka dan menyalakan beberapa jenis kendaraan.

Kunci digital ini akan diluncurkan pada akhir tahun ini dan disematkan pada kendaraan BMW terlebih dahulu. Caranya akan memanfaatkan teknologi near-field communication (NFC) sehingga pelanggan cukup menempelkan gadgetnya ke handle pintu untuk membuka kunci. Selain itu, mereka juga cukup meletakkan smartphone mereka di lokasi yang ditentukan untuk menyalakan mesin.

Sementara itu BMW mengatakan bahwa saat ini kunci fisik sudah kurang diminati oleh masyarakat. Dan bagi mereka yang ingin meminjamkan kendaraan mereka, BMW juga sudah melakukan beragam tambahan fitur. Salah satunya adalah dengan membuat pemilik kendaraan dapat membatasi perfoma, top speed dan volume maksimal radio ketika mobil digunakan orang lain.

Kunci digital ini juga menjanjikan akan tetap berfungsi hingga 5 jam setelah iPhone padam karena baterainya habis. BMW akan menyematkan fitur ini untuk beragam model seperti 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, X5, X6, X7, X5M, X6M dan Z4 yang diproduksi setelah tanggal 1 Juli 2020 serta dijual di 45 negara.

Namun pemilik kendaraan juga harus memiliki gadget yang tepat untuk memastikan fitur ini berfungsi. Pasalnya hanya pengguna iPhone XR, iPhone XS ke atas serta Apple Watch Series 5 ke atas yang dapat memanfaatkan fitur ini.

Apple juga mengkonfirmasi bahwa mereka tengah mengembangkan kunci digital dengan memanfaatkan teknologi Ultra Wideband. Dengan ini maka pelanggan tidak perlu mengeluarkan lagi smarphone mereka dari kantong untuk membuka kendaran. Teknologi ini kemungkina baru bisa hadir pada tahun depan.

Selain itu, BMW dan Apple juga mengumumkan kehadiran “smart routes” untuk kendaraan listrik yang memanfaatkan Apple Maps. Pengendara dapat menggunakan Apple CarPlay untuk memilih tujuan dan Apple Maps akan menawarkan untuk melalui rute optimal berdasarkan sisa daya dan lokasi pengisian daya di sepanjang jalan. Fitur ini akan hadir pada BMW i4 tahun depan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar