Aplikasi Sistem ABS di Motor Bisa Selamatkan Jiwa

Berita Otomotif

Aplikasi Sistem ABS di Motor Bisa Selamatkan Jiwa

MILAN - Sistem pengereman Antilock Braking System (ABS) ternyata memang terbukti membuat berkendara dengan motor menjadi lebih aman.

Bukti bahwa sepeda motor berteknologi ABS dapat menyelamatkan jiwa diungkapkan oleh Bosch dalam studi keamanan berkendara yang dilakukan di Indonesia dan Thailand. 
Setiap tahunnya, sekitar 21,000 orang meninggal dunia akibat kecelakaan sepeda motor di kedua negara tersebut. 

Hasil studi menunjukkan bahwa 1 dari 4 kecelakaan sepeda motor dapat dicegah dengan penggunaan ABS. Teknologi ini membantu pengendara untuk mengerem tanpa rasa takut, sehingga mereka dapat bereaksi lebih cepat dan lebih bertenaga. 

Sebagai contoh, teknologi ABS mencegah roda depan terkunci saat melakukan manuver pengereman mendadak. Ini artinya sepeda motor akan tetap stabil dan tidak terjatuh. 

Bahkan, di berbagai kecelakaan yang tidak dapat dihindari, sistem keselamatan ini mengurangi tingkat luka-luka dan dapat menyelamatkan jiwa. Hal ini karena kecepatan tabrakan berkurang. 

Hasil studi lainnya dari India menyimpulkan bahwa sepeda motor dengan sistem ABS dapat mencegah 1 dari 3 kecelakaan sepeda motor di kawasan pedesaan negara tersebut. Selain itu, kecepatan tabrakan juga berkurang 16% saat terjadi kecelakaan.

“ABS dapat mencegah 25% kecelakaan sepeda motor yang menyebabkan korban jiwa,” kata anggota dewan manajemen Dr. Dirk Hoheisal, mengutip German In-Depth Accident Study (GIDAS). 

Angka-angka tersebut menunjukkan manfaat keselamatan dari sepeda motor dengan sistem ABS. Keuntunggan teknologi ini juga telah diakui oleh Uni Eropa. Pada 2017, semua kendaraan sepeda motor baru dengan kapasitas lebih dari 125cc harus dilengkapi dengan antilock braking system. 

Di Jepang, sistem ABS wajib digunakan mulai Oktober 2018 untuk tipe sepeda motor baru dengan kapasitas lebih dari 125cc. 

Sedangkan, di negara berkembang seperti Brazil dan Taiwan, peraturan yang mewajibkan penggunaan ABS di masa mendatang telah disetujui. Isu ini juga sudah menjadi agenda politik di India dan Amerika serikat. 

“Kami menyambut baik keputusan dari berbagai negara yang membuat ABS menjadi suatu standar. Keputusan ini akan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor secara siginifikan,” kata Hoheisel. [Syu/Idr]

Temukan motor idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual