Apa Definisi Mobil Nasional?

Berita Otomotif

Apa Definisi Mobil Nasional?

JAKARTA - Beberapa orang berpendapat bahwa mobil nasional harus didefinisikan oleh seberapa besar persentase kandungan lokal dan lokasi pembuatannya, namun para praktisi lokal tidak setuju akan hal itu.

Dewa Yuniardi, Direktur Asia Nusa (Asosiasi Industri Automotive Nusantara), sebuah kelompok yang berusaha mempromosikan kepentingan produsen otomotif dalam negeri mengatakan kalau definisi mobil nasional harus lebih mengedepankan nasionalisme.

“Contoh paling mudah adalah McDonald. Makanan McDonald itu semua bahannya dari Indonesia, dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia dan dijual di Indonesia. Tapi tetap saja itu McDonald. Sebagian keuntungan diambil oleh mereka,” jelas Dewa dalam Mobil123 Automotive Industry Review (AIR).

Menurut Asia Nusa, sebuah mobil Indonesia harus memenuhi beberapa kriteria. Konsep perancangan, analisis desain, pemilik paten, pemilik perusahaan, manufaktur hingga perakitannya adalah orang Indonesia.

Asia Nusa berbeda dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang beranggotakan merek-merek mobil asing.

“Mereka (Gaikindo) menginginkan Indonesia menjadi pusat produksi, sementara kami ingin Indonesia menjadi pusat industri. Mereka ingin Indonesia menjadi pusat produksi merek-merek yang ada, sementara kami inginkan Indonesia memainkan peran lebih besar,” katanya seraya menambahkan pemerintah lebih cenderung untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi. [Syu/Idr]

 

***

Tulisan selengkapnya berjudul 'Ironi Mobil Nasional' bisa dibaca GRATIS di edisi terbaru Mobil123 Automotive Industry Review (AIR) yang diterbitkan oleh iCar Asia. Edisi ke-5 juga mengulas bagaimana fokus Mercedes-Benz berganti ke mobil kecil yang berharga lebih murah dalam 'Bagi Mercedes-Benz. Kecil Itu Keren.' Atau simak pula Thailand yang kini sudah memiliki sirkuit standar Formula 1 di 'Sirkuit CIC Thailand Bidik F1.'

Jangan lupa, simak pula bagaimana Indonesia International Motor Show (IIMS) menjadi ladang uang bagi para produsen mobil dengan raupan transaksi hingga lebih dari Rp 5 triliun dalam 'Ladang Uang Bernama IIMS 2014'. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca di sini atau download versi pdf di https://www.mobil123.com/air. Gratis, selamat menikmati!!

 

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual