Anda akan Klaim Asuransi Mobil Pascamudik? Ikuti Langkah Ini

Panduan Pembeli

Anda akan Klaim Asuransi Mobil Pascamudik? Ikuti Langkah Ini

JAKARTA – Musim mudik telah usai, dan kini masyarakat telah beraktivitas kembali. Namun tidak jarang pemudik mengalami musibah di jalan ketika di perjalanan. Jika kendaraan kesayangan Anda telah diasuransikan, maka tidak perlu khawatir.

"Agar klaim berjalan lancar dan mudah, Anda perlu mengikuti seluruh prosedur yang berlaku. Anda tidak perlu berpikir klaim asuransi adalah hal yang sulit dan ribet, terutama jika Anda telah membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan," kata Laurentius Iwan Pranoto Sutanto, Marcomm & PR Department Head PT Asuransi Astra Buana.

Sejumlah dokumen penting wajib Anda bawa ketika melakukan klaim asuransi. Klaim asuransi kendaraan pada umumnya dibedakan menjadi tiga kategori seperti ringan, sedang dan berat.

Klaim untuk kategori ringan seperti pencurian kaca spion, ban cadangan, head unit dan baret pada tubuh mobil. Sementara klaim kategori sedang seperti kehilangan mobil secara keseluruhan. Adapun kategori berat biasanya melibatkan pihak ketiga.

Jika Anda berniat melakukan klaim, maka bawalah dokumen yang yang dibutuhkan. Umumnya, pihak asuransi mempunyai surat klaim berdasarkan kategori masing-masing. Surat tersebut harus diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.

Selain itu, Anda juga wajib menyertakan fotokopi identitas diri sang pengemudi dan surat kepemilikan kendaraan (STNK). Salah satu dari dokumen yang paling penting adalah surat dari kepolisian pada tempat kejadian. Jika kejadian melibatkan pihak ketiga, maka sertakan surat tuntutan.

Adapun pada kasus kehilangan kendaraan, maka Anda memerlukan surat blokir STNK dan surat investigasi dari lembaga ivestigasi independent. Selamat mencoba! [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual