Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Amerika Serikat Mulai Diserbu Mobil Produksi China

Berita Otomotif

Amerika Serikat Mulai Diserbu Mobil Produksi China

CALIFORNIA - Kebijakan Presiden Donald Trump bermuara pada pasokan mobil-mobil buatan China ke Amerika Serikat. 

Saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memang melakukan serangkaian kebijakan terkait impor kendaraan. Akibatnya, beberapa produsen mobil batal melakukan pembangunan pabrik khususnya di Meksiko. Salah satunya adalah Ford Motor Co.

Menariknya, meski batal membangun pabrik, namun ternyata Ford Motor Co tetap melakukan impor Ford Focus. Namun kali ini bukan dari Meksiko melainkan dari Cina. Hal ini dilakukan karena perhitungan mereka terkait murahnya harga minyak dan stabilnya hubungan perdagangan AS-Cina, meski terjadi ketegangan beberapa waktu ini.

Dengan adanya langkah ini maka menunjukkan bahwa Cina memiliki peran yang lebih besar dalam produksi kendaraan masa depan untuk kawasan Amerika. Dan mungkin akan mengalahkan Meksiko sebagai sumber manufaktur berbiaya rendah.

Ford akan mulai melakukan pergeseran produksi dari Meksiko ke Cina pada pertengahan 2019 mendatang. Pergeseran ini akan menghemat biaya yang harus dikeluarkan hingga $500 juta karena mengurangi biaya perlengkapan.

Namun, Ford juga memperkirakan akan mengirim 80.000 kendaraan ke Cina tahun ini termasuk Lincoln Navigator yang telah didesain ulang dan diproduksi di pabrik Ford di Kentucky.

Keputusan Ford untuk mengimpor kendaraan pertamanya dari Cina merupakan keputusan besar terkait investasi manufaktur yang dibuat oleh Chief Executive Ford, Jim Hackett. Meski demikian, rencana ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu ketika Ford masih dipimpin oleh Mark Fields.

Keputusan ini juga merupakan sinyal adanya perubahan strategi di Ford, yang merespon adanya perlambatan permintaan dari mobil kecil di Amerika Serikat. Dengan demikian, di Amerika Seikat Ford akan lebih fokus pada kendaraan double cabin dan SUV.

Hal ini terlihat dengan adanya investasi baru sebesar $900 juta di pabrik Kentucky untuk melakukan memproduksi Navigator dan Ford Expedition dengan desain baru. Investasi ini juga akan digunakan untuk membangun big SUV di pabrik Ohio jika permintaan meningkat.

Sebagai catatan, pada bulan Januari lalu Trump mengkritik Ford yang akan melakukan pembangunan pabrik untuk mobil kecil di Meksiko. Ford mengatakan bahwa ini akan mematikan pabrik Ford Focus yang berada di San Luis Potosi senilai USD 1,8 miliar dan akhirnya memproduksi Focus di pabrik lama di Hermosillo. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang