Ambisi Jaguar Bikin Sedan Murah

Berita Otomotif

Ambisi Jaguar Bikin Sedan Murah

LONDON - Jaguar, baru saja meluncurkan mobil termurah yang pernah mereka buat, Jaguar XE. Dengan mobil ini, Jaguar ingin memperlebar profil para pembeli mereka dari hanya pria mapan saja dan mulai merangkul para eksekutif muda dan para wanita.

Jaguar memang baru saja memperkenalkan Jaguar XE dengan berbagai kelebihan untuk melawan trio Jerman BMW, Audi dan Mercedes-Benz. Jaguar menjanjikan kalau model yang akan diproduksi di pabrik Jaguar Land Rover di Solihull ini akan mampu menampilkan konstruksi yang ringan dengan desain yang menawan tapi juga mengusung interior yang mewah.

Direktur Desain Jaguar Ian Callum menjelaskan kalau desain mobil dibuat sedinamis mungkin untuk menciptakan efek bergerak, bahkan ketika mobil diam. Kesan yang berbeda dari mobil ini juga membuatnya akan menjadi pusat perhatian dimana pun Ia berada.

Dan karena ini adalah mobil Jaguar, handling dan performa juga menjadi perhatian brand asal Inggris tersebut. Untuk jantungnya, mobil yang baru akan dijual secara global pada tahun 2015 mendatang itu akan menggendong mesin V6 dengan kapasitas 3.0 liter.

Mesin yang sudah dilengkapi dengan supercharged ini mampu memperlihatkan tenaga hingga 340 hp dengan torsi 332 lb-ft. Tenaga tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi 8-speed yang pada akhirnya mampu membuat mobil ini berlari dari diam sampai 96 km/jam hanya dalam 4,9 detik saja (0-100 km/jam dalam 5,1 detik). Untuk alasan keamanan, kecepatan puncaknya dibatasi sampai 249 km/jam.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Jaguar mengatakan kalau mereka akan mulai menjual XE di Inggris dengan harga 27.000 pounds saja atau sekitar Rp 510 jutaan dan menjadikannya varian termurah milik Jaguar.

Chief engineer seri XE Nick Miller menjelaskan kalau XE akan menjadi bekal Jaguar untuk memperluas jangkauan. Secara tradisional brand ini selalu dikaitkan dengan pria tua yang kaya raya. Dengan XE, Jaguar ingin menggoda para eksekutif muda dan para wanita.

"Kami pikir konsumen akan lebih muda, masih di awal tingkat hidup mereka, mereka memiliki anak... Mereka sangat mungkin juga seorang wanita," katanya di Reuters.

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support