All-New Suzuki Ertiga Mulai Diekspor, Hampir Separuhnya ke Amerika Latin

Berita Otomotif

All-New Suzuki Ertiga Mulai Diekspor, Hampir Separuhnya ke Amerika Latin

BEKASI – All-New Suzuki Ertiga akhirnya diekspor mulai Oktober 2018 dan hampir separuh volume pada tahun ini dikapalkan ke Amerika Latin.

Ertiga generasi kedua, yang masih dirakit lokal di pabrik Cikarang, Bekasi, menjalani debut global di Indonesia pada Agustus 2018. Low multi purpose vehicle (LMPV) generasi terbaru andalan Suzuki ini diklaim dikembangkan dengan lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat Indonesia jika dibandingkan dengan generasi pertamanya.

Ekspor All-New Ertiga dimulai melalui seremoni pada Senin (22/10/2018) di Cikarang, Bekasi yang dihadiri Toshihiro Suzuki, Presiden Suzuki Motor Corporation (SMC). Turut hadir pula antara lain Airlangga Hartarto – Menteri Perindustrian, Seiji Itayama – Presiden Direktur PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan segenap jajarannya.

Ekspor All-New Ertiga dilakukan bersamaan dengan ekspor produk sepeda motor Suzuki Nex II. Namun, jika ekspor All-New Ertiga pada 2018 adalah unit utuh (Completely Built-Up/CBU), ekspor Nex II kombinasi antara CBU dengan terurai (Completely Knock-Down/CKD).

“Hari ini sangat bersejarah bagi kami karena ekspor produk terbaru kami yaitu All-New Ertiga dan Nex II mulai dilakukan. Dua produk ini merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Cikarang dan Tambun dan telah menjadi produk global. Selain itu, peresmian ekspor ini merupakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah untuk meningkatkan ekspor dan memajukan perekonomian dalam negeri,” papar Seiji Itayama.

Toshihiro Suzuki menyatakan pabrik Suzuki Cikarang ke depannya ingin dijadikan basis produksi ketiga terbesar secara global. Nantinya, fasilitas perakitan di sini hanya kalah dari pabrik Jepang dan India.

“Sebagai langkah  pertama, hari ini kami mulai mengekspor mobil Ertiga terkini plus motor Nex II. Kami sangat senang dapat melakukan seremoni ekspor di tahun yang sama dengan perayaan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Jepang,” tandas dia.

Airlangga Hartarto mengapresiasi ekspor produk-produk baru Suzuki. Ia berharap ke depannya volume ekspor terus bertambah, apalagi saat ini pemerintah sedang membicarakan perjanjian perdagangan bebas dengan Pakistan yang notabene salah satu tujuan ekspor utama Suzuki dari Indonesia untuk model Karimun Wagon R.

All-New Ertiga 47 Persen ke Amerika Latin
Pada tahun fiskal 2018 (April 2018 – Maret 2019), Suzuki menargetkan pengapalan 12 ribu unit sampai akhir tahun. Terdapat 22 negara di Amerika Latin, Asia, Oseania yang menjadi tujuan.

Hady Surjono Halim, Head of Export SIM, menjelaskan bahwa sebanyak 47 persen di antaranya menyasar Amerika Latin. Di region ini, terdapat negara tujuan ekspor baru yakni Meksiko.

“Sebanyak 52 persen Asia, Amerika Latin 47 persen, Oseania 1 persen,” tandas Hady. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar