All-new Honda Civic Berambisi Bungkam Toyota Corolla

Mobil Baru

All-new Honda Civic Berambisi Bungkam Toyota Corolla

LOS ANGELES – Di tengah hingar bingar Frankfurt Motor Show 2015, Honda mencari perhatian dunia dengan meluncurkan all-new Honda Civic 2016 di Los Angeles. Sedan pesaing Toyota Corolla ini mengalami pengubahan besar-besaran dan menghadirkan mobil dengan nuansa yang sama sekali berbeda.

“Generasi ke-10 ini adalah pengubahan paling ambisius yang pernah kami lakukan pada Honda Civic. Kami membawa lebih banyak teknologi dan beragam fitur inovatif untuk menjadi kibat kendaraan yang fun-to-drive, hemat bahan bakar dan keselamatan tingkat tinggi diantara mobil kompak lainnya,” ungkap John Mendel, executive vice president of American Honda Motor Co, Inc.

Pernyataan tersebut seakan tidak main-main, karena saat ini, Honda memang harus bekerja keras untuk bisa mengganjal Toyota Corolla yang saat ini masih memimpin penjualan mobil sedan kompak secara global. Maka adalah wajar jika Honda harus menjadikan generasi ke-10 Honda Civic memiliki keunggulan lebih.

Honda berhasil menjadikan Honda Civic tampil lebih sporty dengan proporsi yang lebih rendah dan lebih lebar jika dibanding dengan generasi sebelum. Setidaknya, mobil ini lebih lebar hampir 2 inchi, leboh rendah 1 inchi dan wheelbase yang lebih panjang 1,2 inci. Hasilnya overhang depan kendaraan terlihat lebih kompak dan agresif.

Kesan ‘mobil ngebut’ berhasil ditampilkan oleh Civic dengan bodylines aerodinamis. Kesan premium dihadirkan melalui penggunaan lampu LED pada beberapa bagian seperti headlights, DRL dan lampu belakang.

“Desain ini telah menjadikan Honda Civiv terlihat dinamis dan memiliki tampilan yang sama sekali berbeda. Proporsi yang lebih rendah dan lebih lebar menjadikan handling mobil yang lebih baik di tikungan dan menjadikan mobil tampil lebih berotot, layaknya sebuah harimau yang  siap menerkam,” ungkap Jarad Hall, Senior Exterior Designer and project leader of the Civic Sedan, Honda R&D Americas.

Interior kabin pun tak kalah menantangnya. Interior dibuat dengan ruang kaku yang besar. Honda bahkan mengklaim bahwa ruang kaki yang ada di Honda Civic adalah yang paling luas dikelasnya. Demikian juga kapasitas bagasi yang dibuat lebih luas jika dibanding dengan generasi sebelumnya.

Beberapa fitur premium lainnya disematkan pada mobil ini. Sebut saja automatic climate control - dual-zone dan rem parkir elektronik. Kualitas material juga tetap dijaga sehingga kesan premium mobil masih tampak pada kabin. Pengemudi dijamin lebih mudah untuk mengatur posisi nyaman karena kursi dapat disesuaikan ke 8 arah sementara penumpang depan bisa ke 4 arah.

Honda Civic hadir dengan 2 pilihan mesin yaitu mesin berkapasitas 2.000cc, 16-valve, DOHC i-VTEC™ 4-cylinder. Sementara pilihan kedua adalah mesin berkapasitas 1.500cc, direct-injected and turbocharged 16-valve DOHC. Sayang, Honda tidak menjelaskan secara lebih terperinci terkait kedua mesinnya ini. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support