Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

All-New EcoSport Java Adventure: Begitu Banyak Alasan Untuk Memilih All-New EcoSport

Review

All-New EcoSport Java Adventure: Begitu Banyak Alasan Untuk Memilih All-New EcoSport

JAKARTA - All-New EcoSport dilahirkan untuk mendobrak tradisi. Bila dahulu tampang SUV selalu sederhana dan membosankan, all-new EcoSport datang dengan desain istimewa.

Ketika compact SUV sekelasnya tidak mampu menawarkan banyak ruang penyimpanan lapang untuk mengakomodasi keperluan pemiliknya, all-new EcoSport tidak demikian.

Pun ketika lawan-lawan sekelasnya minim fitur keamanan dan keselamatan serta hiburan, Ford 'menyiram' pengguna all-new EcoSport dengan berbagai keunggulan dari sisi teknologi.

All-New EcoSport seolah lahir untuk menetapkan standar baru bagi kelas urban SUV dan pada kesempatan ini kami mengendarai all-new EcoSport selama seminggu penuh lewat program All-New EcoSport Java Adventure untuk membuktikan kesaktiannya. 

Hasilnya, inilah 10 alasan yang menurut kami menjadi keunggulan dan daya tarik all-new EcoSport.

1.    Desain Keren dan Tidak Pasaran
Desain All-New Ford EcoSport  sedap dipandang dan tidak membosankan. Ford juga menghadirkan garis-garis berani di tubuh all-new Ecosport, sebuah desain yang mencerminkan kemampuan, fleksibilitas dan kepraktisan khas sebuah urban SUV.

Lihat saja grille trapezoid yang masif. Selain kini telah menjadi ciri khas setiap mobil Ford terbaru, desain ini juga secara langsung mampu membuat all-new EcoSport gagah dan maskulin.

Terlebih grille itu kemudian mampu berpadu apik dengan kap mesin lebar, beltline kekar dan tinggi serta lampu ramping yang membentang ke belakang untuk membantu all-new EcoSport melibas udara.

Jaringan garis desain yang menjalar dari bagian depan hingga ke body samping itu kemudian berujung ke desain buritan yang tak kalah stylish, tapi tetap memberikan fungsionalitas tinggi.

Pegangan pintu bagasi yang diletakkan di lampu belakang membuat tampilan clean tanpa diganggu oleh gagang pintu yang merusak pemandangan. Sementara ban cadangan yang  diselimuti terpasang di bagian belakang untuk memperluas ruang bagasi dan mempermudah bongkar-muat kargo. 

Jendela belakang besar dan lampu belakang yang dibuat agak miring terlihat ramping yang pada akhirnya meningkatkan kesan aerodinamis.

2.    Fitur Keselamatan Yang Berlimpah
Berbicara mengenai fitur-fitur keselamatan all-new EcoSport terbilang komplit di kelasnya. Segudang fitur keselamatan all-new EcoSport membuat rasa percaya diri dan aman bagi semua penghuni kabin.

Salah satu fitur utama yang sangat terasa membantu adalah ESC alias Electronic Stability Control. Dengan fitur ini mobil menjadi sangat terkendali dan 'nurut' dalam berbagai situasi. Stabilitas pun bisa dijaga.

Kendali tetap ada di pengendara meski jalanan licin karena fitur ini akan secara otomatis mengaplikasikan daya pengereman ke roda tertentu jika all-new EcoSport kehilangan daya cengkeram.

Fitur lain yang sangat membantu adalah Anti-Lock Braking System (ABS) yang membuat mobil terkendali saat pengereman darurat. Saat pengereman mendadak atau terpaksa karena kondisi lalu lintas tertentu, fitur Emergency Brake-Light  akan berkedip untuk memberikan peringatan pengendara lain terutama si belakang.

Dan salah satu kondisi yang biasanya membuat 'bete' pengendara tak lain adalah ketika harus berhenti di tanjakan atau turunan karena macet atau antri. Nah, saat ini terjadi, ada fitur Hill Launch Assist yang tersedia pada transmisi otomatis yang membuat all-new EcoSport tidak tergelincir ke depan atau belakang di jalan landai.

Sedangkan rear parking sensor adalah sebuah fitur yang hingga saat ini masih menjadi fitur 'wah' bagi model-model lain sekelas All-New Ford EcoSport tapi dimiliki sebagai fitur standar. 

Untuk fitur keselamatan pasif, All-New Ford EcoSport disokong oleh body kuat karena separuh dari strukturnya terdiri dari baja berkekuatan tinggi dan baja berkekuatan sangat tinggi, termasuk baja boron yang terkenal. Tak lupa, ada pula kantung udara alias 2 airbags untuk melindungi pengendara dan penumpang depan saat terjadi kecelakaan.

3.    Kecanggihan yang Menghibur
SYNCTM merupakan fitur yang menjadi nilai lebih dari mobil ini. Ford SYNCTM adalah sebuah teknologi terkini yang dirancang khusus untuk memungkinkan pengendara tetap memperhatikan jalan tanpa melepas tangan dari roda kemudi.

Ford SYNCTM ini didukung oleh Microsoft dan merupakan sistem perintah suara serta konektivitas canggih untuk menyempurnakan integrasi dan kendali pada telepon selular dan pemutar musik Anda. Contohnya saja adalah perintah suara yang memungkinkan pengguna untuk 'memerintah' mobil tanpa perlu repot mengutak-atik panel di dashboard.

Misalkan saja Anda tinggal katakan "Play artist Dream Theater", maka musik-musik progresif dari Dream Theater akan diputar oleh mobil pintar ini. Atau katakan "Call Galih", maka telepon yang sudah terlebih dahulu tersambung oleh Bluetooth akan secara otomatis memanggil Galih.

Fitur Ford SYNCTM di All-New Ford EcoSport dapat menghubungkan hingga 12 smartphone melalui Bluetooth selain melalui USB atau audio jack 3,5mm. 

4.    Kenyamanan Tingkat Tinggi
Secara lahiriah, all-new EcoSport memang pantas untuk disebut Urban SUV. Desainnya gagah dengan ground clearance tinggi untuk melibas banyak kondisi medan. Tapi, bila SUV lain hanya memperhatikan kedua faktor tadi dan mengorbankan kenyamanan kabin, tidak begitu dengan all-new EcoSport. Mobil ini mampu memberikan kenyamanan tingkat tinggi.

Pengendara tetap bisa dengan santai menghadapi macet atau melakukan perjalanan jauh tanpa 'menyiksa' diri sendiri.

Salah satu piranti yang sangat membantu meningkatkan kenyamanan itu adalah piranti pendingin udara (AC). AC mobil ini bisa secara otomatis menyesuaikan temperatur kabin mobil untuk menjaga Anda tetap nyaman, tidak peduli seberapa panas dan dinginnya suhu di luar.

Audio digital pintar juga bisa secara otomatis menyesuaikan volume seiring dengan pengubahan kecepatan mobil tanpa Anda perlu secara manual mengaturnya.

Joknya sangat empuk dan nyaman tapi tetap mantap ketika diduduki.

All-New EcoSport varian Titanium yang kami kendarai dilengkapi oleh kulit Torino dengan jahitan berwarna merah yang kontras menjadi lapisan di jok. 

5.    Fleksibilitas Kabin Sangat Mengesankan
Ruang kargo all-new EcoSport juga fleksibel. Koper, beberapa tas bawaan hingga plastik-plastik tempat menaruh oleh-oleh bisa diletakkan di sana tanpa perlu kesulitan.

Bila diperlukan, kursi baris kedua bisa dilipat untuk menambah ruang kargo di bagian belakang mobil. Oiya, sebagai catatan, sebagian kursi belakang juga bisa dilipat dan dibagi 60:40 bila kebetulan kita harus membawa benda panjang. Total ruang kargo mobil ini mencapai 705 liter!

Sedangkan roof rack di atap juga bisa membantu kita untuk mengangkut barang hingga 20 kg, cukup menambahkan aksesori yang dijual terpisah.

Karena, untuk menemani perjalanan panjang, mobil ini juga memiliki 21 kompartemen penyimpanan, termasuk laci / tray tersembunyi di bawah jok penumpang depan untuk menyimpan barang yang cukup besar seperti laptop dan glove box yang dapat menjaga minuman tetap segar.

6.    Performa
Bila SUV lain hanya mengandalkan torsi semata, all-new EcoSport juga memiliki kekuatan dan tenaga mumpuni.

Di beberapa jalan lurus, kami membuktikan kekuatan mesin 110 PS terasa bertenaga. Terlebih hal itu masih dibantu oleh desain yang aerodinamis dari mobil ini. 

Pada jalur lurus dan sepi, top speed sangat mudah di dapatkan. Nafas All-New Ford EcoSport masih ada untuk dibawa mengebut lebih kencang. Tapi mengingat kami membawanya di jalan umum, faktor keselamatan memaksa kami untuk membatasi diri. 

Kenikmatan makin terasa karena perpindahan gigi terasa smooth. Transmisi otomatis PowerShift 6-speed sangat responsif.

Jangan bayangkan sebuah mobil otomatis yang lemot karena itu tidak akan Anda temui di all-new EcoSport. Sebab membawa mobil ini akan terasa responsibilitas seperti mobil bertransmisi manual. Ketika ingin lebih sporty lagi, all-new EcoSport menyajikan SelectShift yang memungkinkan Anda berpindah ke transmisi manual.

All-New EcoSport dengan mesin Sigma TiVCT, 4 Cylinder DOHC 16V (In-Line) selalu siap membawa mobil ini kemana pun Anda mau. Terlebih kapasitas tangkinya mencapai 52 liter. Ini membuat All-New Ford EcoSport adalah jawaban yang pas untuk mereka yang berjiwa petualang.

7.    Stabilitas
All-New Ford EcoSport mampu membuktikan bahwa sebagai urban SUV, dia mampu berlari kencang tapi tetap dengan kestabilan yang terjaga. Stabilitas mobil sangat terjaga saat meluncur di jalan lurus. Pun ketika harus melibas tikungan dalam kecepatan sedang, all-new EcoSport berkelok tanpa kesulitan. Hal ini patut diapresiasi.

Sebab kebanyakan SUV dengan tubuh dan ground clearance  tinggi membuat kestabilan menjadi pekerjaan rumah besar. Tapi hal itu tidak terjadi di All-New Ford EcoSport. Mobil ini mumpuni saat diajak berlari di berbagai situasi dan kondisi jalan.

Ketika berada di jalur sepi, sempit dan berkelok, all-new tetap mampu bermanuver dengan stabil. Tidak ada gejala limbung seperti SUV pada umumnya ketika dipaksa bermanuver.

Electronic Stability Control yang sudah terpasang juga terbukti sangat membantu meningkatkan kestabilan. Pun ketika harus mengerem mendadak, fitur Anti-Lock Braking System membuat keamanan makin meningkat.

Alhasil, mobil tetap mampu dilajukan dengan kecepatan sedang dan tinggi. Saat berada di jalur utara yang 'ajaib' karena bisa saja tiba-tiba jalanannya bergelombang, all-new EcoSport mampu tetap stabil. 

Performa suspensi juga terasa mantap. Selain oke dalam kemampuan meredam guncangan, suspensi turut serta membantu mobil tetap stabil ketika mobil melaju kencang di tikungan atau jalur lurus.

Tidak ada efek 'melayang' meski ground clearance mobil ini cukup tinggi, 200 mm. Melaju dalam kecepatan tinggi, mobil tetap stabil dan mantap menapak bumi.

8.    Mampu Melahap Segala Medan
Bukan Sport Utility Vehicle (SUV) namanya kalau hanya bisa berjalan di aspal tapi tidak jago melibas banyak medan. Nah, Ford sepertinya mengerti benar dengan hal itu.
Karenanya, meski berstatus urban SUV, all-new EcoSport tetap jagoan di berbagai medan.

Ground clearance all-new EcoSport 200 mm terbukti cukup membantu melibas banyak medan. Ketika kami membawanya ke pelosok Yogyakarta yang memiliki jalanan kurang bagus, mobil tetap bisa dengan santai berjalan.

Tidak ada rasa takut atau khawatir. Kemampuan suspensinya dalam meredam guncangan jalan juga pantas diacungi jempol. Pengemudi atau penumpang tetap bisa merasa nyaman meski tengah melaju di bukan jalanan mulus.

Ketika tengah ingin menikmati udara dan pemandangan langit, sunroof yang berada di atap tinggal di buka. Ini pula yang membuat all-new EcoSport tampil sebagai sebuah urban SUV masa kini tanpa mengorbankan norma-norma sebuah SUV.

Di pantai, kami kembali iseng untuk membawa mobil ini hingga ke bibir pantai. Ternyata, mobil ini juga memiliki kemampuan tersembunyi yakni kemampuan untuk melintasi air (water wadding) hingga setinggi 550 mm.

Ada cerita unik ketika kami hendak berkendara dari Yogyakarta menuju Kuningan. Tepatnya di dekat daerah Cibingbin. Suasana horor membuncah.

Suasana sepi tanpa adanya penerangan lampu mungkin kami anggap biasa. Yang menjadi horor perjalanan adalah jalur rusak sepanjang sekitar 10 km di tengah hutan itu. Di tengah kondisi jalan berkelok dengan kontur naik-turun, kondisi aspal bukan lagi dikatakan rusak. Tapi hancur.

Kecepatan pun berkurang menjadi hanya 10 km/jam dan all-new EcoSport kami paksa membuktikan dirinya. Tiap centimeter jalan tidak ada yang mulus. Di banyak sekali titik, lubang jalan sangat besar dan dalam dengan batu berserakan tersaji.

Ketakutan kami di situasi ini adalah mobil terjebak dan bumper rusak. Tapi ternyata, Ford mampu membuktikan ground clearance all-new EcoSport akan sangat membantu menghadapi situasi ini.

9.    Sejarah bagus dan Kualitas Dunia
Hanya sedikit pilihan urban SUV berukuran compact yang ada di pasar Indonesia. Kebanyakan mobil-mobil itu hanya dirancang untuk Indonesia dan kawasan Asia semata. Itu membuat standarnya juga hanya berstandar Indonesia dan Asia. Bagaimana dengan all-new EcoSport?

All-New EcoSport bukanlah mobil sembarangan. All-New EcoSport memberikan alternatif aspirasional terjangkau kepada konsumen tanpa mengorbankan kenyamanan, kecanggihan dan moderitas desain serta fiturnya.

Bila berbicara mengenai hal itu, all-new EcoSport maju ke depan. Sebab all-new EcoSport adalah urban Sport Utility Vehicle (SUV) pintar yang memang dirancang oleh Ford untuk memenuhi permintaan dari berbagai wilayah di dunia. Mulai dari pasar ASEAN, India dan Brasil yang tengah berkembang pesat, hingga pasar mapan seperti Eropa.

Itu yang membuat all-new EcoSport mampu memberikan alternatif untuk para konsumen yang ingin compact SUV dengan memberikan mereka pengalaman berkendara yang menyenangkan dan kebebasan berpetualang. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang