Alasan Harga Toyota Kijang Kapsul Bekas Bertahan

Mobil Bekas

Alasan Harga Toyota Kijang Kapsul Bekas Bertahan

Harga Toyota Kijang Kapsul - Toyota Kijang generasi keempat atau yang biasa dikenal sebagai Kijang kapsul pertama kali diluncurkan pada tahun 1996. Mobil ini kemudian berakhir masa baktinya pada tahun 2004, bertepatan dengan peluncuran Toyota Kijang Innova di tahun yang sama.

Meski hanya diproduksi selama 7 tahun, Toyota Kijang kapsul berhasil menarik mendapatkan hati masyarakat. Bagaimana tidak, desainnya memang jauh lebih menarik dan aerondinamis bila dibandingkan generasi sebelumnya yang mengkotak. Hal inilah yang membuat generasi keempat ini dijuluki dengan kijang kapsul.

Tak hanya desain, mesinnya juga sudaj hadir dengan beragam penyesuaian guna memaksimalkan kenyamanan berkendara. Toyota Astra Motor selaku APM Toyota di Indonesia menghadirkan dua pilihan mesin yaitu bensin berkapasitas 1,8 liter dan diesel berkapasitas 2,4 liter.

Pada tahun 1997 hingga 1999, Toyota Kijang kapsul masih memanfaatkan teknologi karburator. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Toyota meningkatkan teknologi mesin pada Toyota Kijang kapsul menjadi sistem injeksi elektronik atau Electronic Fuel Injection (EFI).

Menariknya lagi, Toyota juga menyiapkan dua pilihan mesin bensin untuk pelanggannya. Hal ini dilakukan karena Toyota menemukan pelanggan Toyota Kijang kapsul bermesin bensin lebih besar ketimbang diesel.

Pilihan mesin yang pertama adalah 7K-E berkapasitas 1.8 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 Hp. Sementara pilihan keduanya adalah 1RZ-E berkapasitas 2.0 liter dengan kemampuan produksi tenaga sebesar 100 hp.

Perlu diketahui bahwa mesin berkapasitas 2.0 liter ini hanya bisa dijumpai pada tiga varian tertinggi yaitu SGX, LGX dan Krista. Sementara untuk varian di bawahnya hanya menggunakan mesin berkapasitas 1.8 liter.

Salah satu hal yang paling menarik dari Toyota Kijang kapsul adalah adanya dua pilihan sasis yaitu panjang dan pendek. Untuk sasis panjang ditandai dengan awalan L untuk setiap variannya seperti LX, LSX dan LGX. Sementara untuk sasis pendek di awali dengan huruf di setiap awal variannya seperti SX, SSX dan SGX.

Namun, ada juga beberapa varian yang keluar dari pakem varian tersebut. Salah satunya adalah Toyota Kijang Krista yang merupakan varian paling mewah. Mobil ini menggunakan basis dari Toyota Kijang kapsul LGX namun ditambahkan dengan over vender serta penggunaan two tone color. Tak hanya itu, desain interior pun dibuat sedemikian rupa agar telihat mewah.

Ada lagi Toyota Kijang kapsul Rangga. Mobil ini menggunakan Toyota Kijang kapsul SSX sebagai basisnya. Namun desainnya dibuat agar menyerupai SUV seperti adanya ban cadangan dibelakang serta penggunaan two tone color.

Kesuksesan Toyota Kijang kapsul tidak hanya dirasakan di Tanah Air tapi juga di pasar internasional. Namun, Toyota mengganti nama Kijang guna menyesuaikan pasar di negara-negara tujuan ekspor guna lebih menjual.

Digunakan Arief Muhammad

Meski sudah tidak lagi diproduksi, pesona dari Toyota Kijang kapsul sebagai salah satu mobil impian dijamannya belumlah pudar. Banyak pecinta mobil yang ingin tetap memiliki mobil tersebut sebagai tunggangannya maupun sekedar pelepas rindu di masa lalu.

Salah satunya adalah Arief Muhammad, Youtuber dengan lebih dari 2 juta subcriber adalah salah satu yang membelinya. Dalam videonya, Ia mengaku bahwa semasa kecil keluarganya memang pernah menggunakan Toyota Kijang kapsul dan salah satu tujuan membeli mobil tersebut adalah untuk nostalgia.

Dalam videonya juga Ia menyebut bahwa Toyota Kijang kapsul Krista tersebut akan digunakan untuk dijadikan sebagai kendaraan dinas pegawainya. Terlebih untuk mereka yang memang sudah berkeluarga.

Menariknya, Ia memiliki mobil tersebut tidak terlalu lama. Ia kemudian menjual Toyota Kijang Krista miliknya dengan harga Rp 200 juta. Padahal ketika itu, harga Toyota Kijang Krista dipasaran umumnya tidak mencapai 120 jutaan.

Pilihan Toyota Kijang Kapsul

Sebagai salah satu mobil legendaris, tidak heran bila masih banyak yang mencari Toyota Kijang kapsul. Harganya pun bahkan terbilang cukup bersaing dengan beberapa LMPV dengan usia yang lebih muda. Inilah salah satu keunggulan dari Toyota Kijang kapsul.

Bila dilihat, Toyota Kijang Kapsul lansiran 1997 hingga 2004 di Mobil123 mencapai 144 unit. Jumlah ini didominasi dengan varian LGX yang mencapai 48 unit kendaraan dari berbagai tahun. Sementara di posisi kedua ada LSX dengan jumlah 27 unit dan Krista dengan 24 unit kendaraan. Tentunya, harga dari masing-masing mobil tersebut berbeda tergantung dari berbagai faktor seperti tahun, kondisi, warna serta varian kendaraan.

Sementara untuk penyebaran Toyota Kijang kapsul pun cukup merata, namun Jawa Timur menjadi wilayah yang paling banyak memiliki pilihan unit. Berdasarkan data yang kami miliki, dari 144 unit Toyota Kijang kapsul bekas, 75 diantaranya berlokasi di Jawa Timur. Jabodetabek di posisi kedua dengan 45 unit dan Jawa Barat dengan 29 unit.

Harga Toyota Kijang Kapsul Bertahan

Bila melihat dari sisi harga Toyota Kijang kapsul, harganya terbilang beragam mulai dari Rp 59 juta hingga Rp 110 juta. Harga ini tentu terbilang menarik karena tidak sedikit dari mobil-mobil tahun muda yang dijual dengan lebih murah.

Toyota Avanza bekas 2005 tipe G MT misalnya, dijual dengan harga hanya Rp 75 juta. Padahal, harga Toyota Kijang kapsul bekas 2003 tipe LGX dijual dengan harga jauh lebih tinggi yaitu sebesar Rp 110 juta. Tentunya ini menjadi salah satu bukti bahwa Toyota Kijang kapsul di Indonesia memang memiliki harga jual yang sangat bertahan dibandingkan mobil lainnya.

Meski demikian patut diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi harga jual kendaraan. Mulai dari tahun pembuatan, kondisi mesin, kondisi interior, hingga pernah menjadi korban banjir dan tabrakan atau tidak, ini tentunya menjadi faktor-faktor yang sangat menentukan.

Dan berikut adalah beberapa pilihan Toyota Kijang Kapsul yang bisa dilihat dan dipilih di Mobil123.com.

Toyota Kijang Kapsul LX 2003

Toyota Kijang Kapsul

Pilihan pertama adalah Toyota Kijang tipe LX 2003 yang dijual oleh salah satu private seller di kawasan Cilandak, Jakarta. Mobil ini dijual dengan harga Rp 60 juta dan dijual karena butuh uang untuk beragam keperluan oleh pemiliknya.

Dalam keterangan disebutkan bahwa kondisi mobil dalam kondisi yang istimewa karena baru mendapatkan peremajaan. Kondisi mesin diklaim masih halus, kondisi ban aman serta beragam keunggulan lain yang Ia sebutkan.

Ia pun memberikan kesempatan kepada calon pelanggan untuk memeriksakan kendaraannya kepada teknisi kepercayaan. Dengan demikian, kondisi kendaraan bisa dinilai dengan lebih objektif dan transparan.

Pajak kendaraan juga diklaim masih panjang karena berlaku hingga Januari 2022. Sementara untuk STNK masih berlaku hingga tahun 2026 mendatang. Dalam keterangan juga disebutkan bahwa STNK tersebut merupakan atas nama perorangan sehingga diharapkan pengurusan surat-surat kendaraan akan menjadi lebih mudah.

Menariknya, meski harga yang ditawarkan terbilang sudah cukup menarik, Ia masih memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan negosiasi harga. Tentunya ini adalah sebuah penawaran menarik bagi pelanggan.

Toyota Kijang Kapsul Bekas 2003 Tipe LGX Malang

Toyota Kijang kapsul

Selajutnya adalah Toyota Kijang kapsul bekas tipe LGX di Malang yang dijual di Kota Malang. Dalam keterangan disebutkan bahwa mobil tersebut dijual dengan harga Rp 110 juta atau menjadi model termahal yang ditawarkan di Mobil123.

Berbalut warna silver, Toyota Kijang kapsul bekas ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.8 liter serta transmisi manual lima percepatan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC double blower yang tentunya akan memberikan kenyamanan lebih pada kendaraan.

Meski diklaim masih orisinal luar dalam, tidak dipungkiri bahwa jok kendaraan sudah dilapisi dengan pelapis jok berwarna beige hitam. Demikian juga lingkar kemudi sudah dilapisi dengan sarung guna menjaga kualitas setir bawaan.

Dalam keterangan juga disebutkan bahwa dealer menerima pembayaran secara tunai kredit maupun tukar tambah. Mereka bahkan siap untuk membantu mempercepat proses kredit agar mobil bisa segera digunakan oleh pelanggan baru.

Toyota Kijang Kapsul Bekas 2004 LGX Kediri

Toyota Kijang kapsul

Selanjutnya ada Toyota Kijang kapsul bekas 2004 LGX Diesel di Kediri berwarna silver. Tentunya ini merupakan salah satu unit langka karena umumnya Toyota Kijang kapsul yang saat ini beredar menggunakan mesin bensin.

Mobil yang dijual dengan harga Rp 103 juta ini diklaim memiliki kondisi yang cukup baik dan bisa langsung digunakan untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Sementara untuk jumlah perjalanan yang ditempuh sudah lebih dari 390.000 Km.

Beberapa modifikasi pun sudah dilakukan oleh pemilik mobil sebelumnya. Selain sudah menggunakan pelapis jok tambahan, head unit juga sudah diganti dengan yang memiliki layar display untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Perawatan Mudah

Toyota Kijang kapsul sudah cukup lama hadir di Indonesia sehingga penyebarannya pun terbilang merata. Tidak hanya di kota besar, Toyota Kijang kapsul juga sangat mudah untuk ditemui diberbagai daerah terpencil sekalipun.

Tersebarnya mobil ini memiliki keuntungan tersendiri karena umumnya kendaraan yang tersebar, maka untuk melakukan perawatan akan semakin mudah. Hal ini karena bengkel-bengkel kendaraan mulai dari resmi hingga umum akan berupaya untuk bisa melakukan pelayanan untuk mobil ini.

Secara umum, perawatan untuk Toyota Kijang kapsul memang terbilang sederhana. Pemilik cukup memastikan untuk melakukan tune up dan pergantian oli secara berkala. Pastikan juga jenis oli yang digunakan memang sesuai dengan saran dari buku manual.

Perhatikan juga kondisi oli gardan yang sebaiknya diganti setidaknya satu tahun sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan perfoma kendaraan tetap maksimal di beragam medan. Demikian juga sistem transmisi yang harus mendapatkan perhatian khusus dari pemilik. Sebaiknya langsung lakukan perbaikan jika merasa ada sesuatu yang kurang nyaman.

Kalaupun ada kerusakan, umumnya suku cadang kendaraan pun mudah untuk didapatkan. Meski demikian, tidak disarankan untuk menggunakan suku cadang palsu karena hasil yang diberikan berpotensi di bawah harapan.

Suku cadang asli pun sebenarnya masih bisa didapatkan dipasaran dengan mudah. Hal ini karena Toyota sadar bahwa populasi dari Toyota Kijang kapsul cukup besar sehingga ketersediaan suku cadang harus tetap menjadi perhatian.

Selain itu, pastikan untuk rutin memeriksa sistem kelistrikan mobil. Pasalnya, mobil dengan usia lebih dari 10 tahun memiliki risiko adanya kabel yang sudah getas dan terkelupas. Sebaiknya langsung lakukan penggantian bila benar terdapat kabel getas atau terkelupuas untuk menghindari mobil terbakar saat digunakan. [Adi/Tutus]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar