Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Ajak Masyarakat Berkomitmen, Pulsarian Bekasi Menangi Safety Campaign Award 2015

Berita Otomotif

Ajak Masyarakat Berkomitmen, Pulsarian Bekasi Menangi Safety Campaign Award 2015

JAKARTA – Angka kecelakaan jalan raya masih mencemaskan. Dibutuhkan banyak pihak untuk menekannya.

Guna mewujudkan hal tersebut, Adira Insurance melalui kegiatan Corporate Social Responsibilites”I Wanna Get Home Safely!” (IWGHS) mengadakan acara penganugerahan “Safety Campaign Award” (SCA) bagi para komunitas atau klub motor se-jadetabek untuk mengampanyekan pentingnya menjaga keselamatan di jalan.

Melalui SCA, para bikers berkompetisi untuk membuat kegiatan kampanye yang unik dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan efek yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

43 komunitas atau klub motor yang mendaftar dan telah mengirimkan proposal pelaksanaan kampanye keselamatan jalan. Para komunitas atau klub motor tersebut harus mengikuti berbagai tahapan seleksi. Tahapan seleksi pertama adalah Tahap Proposal dimana komunitas atau klub motor harus membuat proposal satu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan (road safety).

Dari tahap proposal ini, telah terpilih 10 komunitas atau klub motor. Setelah itu, dilakukan penjurian Tahap Implementasi dimana 10 komunitas atau klub motor dengan proposal terbaik yang telah terpilih pada tahap sebelumnya diharuskan mengimplementasikan kegiatan tersebut sesuai dengan proposal yang telah diberikan.

Tahap terakhir dalam seleksi ini adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri. Tahap presentasi adalah tahap akhir pada rangkaian SCA. Pada tahap ini, 10 komunitas atau klub motor terbaik yang telah diseleksi pada tahap sebelumnya diharuskan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan.

Dari hasil presentasi yang ada, terpilih pemenang ajang SCA 2015 yang terdiri dari:

Juara Utama
Juara 1: Pulsarian Bekasi (Kaliber)
Juara 2: STIR (Sahid Tourism Riders Community)
Juara 3: SSFC (Suzuki Satria F150 Club Depok)

Kategori Khusus
Juara Best Collaboration Campaign: Koster Indonesia (Komunitas Suzuki Thunder Indonesia)
Juara Unique Campaign: YMCI Tangerang (Yamaha Mx Club Indonesia  Chapter Tangerang)

Juara pertama, Pulsarian Bekasi, membuat kegiatan kampanye yang melibatkan interaksi dengan masyarakat. Komunitas ini melakukan aksi Pengumpulan Tanda Tangan Komitmen Keselamatan Berkendara di atas spanduk putih sepanjang 10 meter di wilayah Car Free Day Kota Bekasi.

Komunitas ini melibatkan partisipasi masyarakat Kota Bekasi dan komunitas lain seperti Ontel Kolega Bekasi dan beberapa Grup Mahasiswa Universitas Bhayangkara untuk turut serta mengampanyekan pentingnya keselamatan jalan.

STIR melakukan aksi sterilisasi jalur busway di daerah Jati Padang Jakarta. Selain itu komunitas ini melakukan kampanye di lingkungan Universitas Sahid Jakarta dengan menempel stiker di tiga buah bus operasional kampus dan dua puluh angkutan umum daerah Pondok Labu dan Lebak Bulus Jakarta sehingga masyarakat umum dapat membaca pesan keselamatan tersebut. STIR juga melakukan aksi teatrikal korban kecelakaan di persimpangan jalan Fatmawati Jakarta Selatan.

Kampanye SSFC Depok berupa membentangkan spanduk dan mengajak seluruh masyarakat Depok untuk berkendara aman dan selamat. Mereka juga fokus melakukan edukasi dan bimbingan keselamatan berkendara kepada anggota komunitasnya sendiri.

Dari seluruh bentuk kampanye yang telah dilakukan, terdapat satu komunitas yang memiliki kegiatan kampanye yang paling unik yaitu komunitas dari YMCI Tangerang. Mereka mampu mengajak masyakarat untuk menjadi bagian dari kampanye melalui media pantomim untuk mensosialisasikan kampanye keselataman jalan di area car free day Kota Tangerang.

Sedangkan, Komunitas Suzuki Thunder Indonesia berhasil mengkolaborasikan lima pilar keselamatan jalan yang terdiri dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, serta Kementerian Kesehatan untuk hadir dalam diskusi dan pagelaran kesehatan serta keselamatan berkendara. Diskusi tersebut bertujuan untuk menggerakkan kampanye akan pentingnya menjaga keselamatan saat berada di jalan.

“Ide dan konsep dari para bikers sangat beragam dan unik. Terlihat peran aktif berbagai anggota komunitas yang mampu menyebarkan pesan baik tentang road safety kepada anggota komunitasnya sendiri, komunitas lain, bahkan untuk masyarakat umum. Kami sangat senang karena semangat kampanye dari para bikers sangat tinggi,” ujar Tanny Megah Lestari, Business Support Division Head Adira Insurance.

“Kami berharap agar ajang SCA ini dapat memberikan contoh yang baik bagi para anggota komunitas atau klub motor beserta masyarakat umum dalam menerapkan prinsip road safety yang baik,” harap Tanny.

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang