Adira Sudah Gelontorkan Pembiayaan Rp 28,2 Triliun

Berita Otomotif

Adira Sudah Gelontorkan Pembiayaan Rp 28,2 Triliun

JAKARTA – Adira Finance menggelontorkan pembiayaan hingga lebih dari Rp 28 triliun selama Januari – September 2018, naik dua digit jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year).

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance, menjelaskan bahwa total pembiayaan yang mereka keluarkan pada sembilan bulan tahun ini mencapai Rp 28,2 triliun. Jumlah tersebut naik 19 persen year on year.

“Kedua segmen sepeda motor dan mobil memberikan kontribusi kuat terhadap pertumbuhan secara keseluruhan. Piutang pembiayaan yang dikelola mencapai Rp49,7 triliun, meningkat 12% dari periode yang sama tahun lalu,” jelasnya.

Adapun kredit macet (Non-Performing Finance/NPF) pada September menyentuh 1,95 persen. ini lebih baik dibandingkan periode sama pada 2017 yang 2,06 persen.

“Target pertumbuhan pembiayaan baru kami di awal tahun adalah 5-10 persen. Saat ini kami on track”, lanjut Hafid.

Laba bersih  perusahaan diklaim juga tumbuh. Adira Finance meraup laba bersih Rp 1,35 triliun atau naik 24 persen year on year.

Kontribusi Besar Pembiayaan Mobil
Kontribusi terbesar untuk pembiayaan masih dari sektor otomotif. Pembiayaan mobil masih menjadi penyumbang utama.

Jika dijabarkan, pembiayaan mobil berjumlah Rp 12,4 triliun atau naik 28 persen year on year. Ini didukung pembiayaan mobil baru yang naik 34 persen menjadi Rp 7,4 triliun.

Pembiayaan mobil baru untuk keperluan komersial melonjak 37 persen, sedangkan mobil penumpang meningkat 22 persen. Sektor mobil bekas, di sisi lain, juga tumbuh 20 persen.

Performa positif terlihat pula di pembiayaan sepeda motor. Pembiayaan motor baru tumbuh 20 persen menjadi Rp 10, 3 triliun.

Adira Finance juga melayani pembiayaan multiguna (nonotomotif). Pada Januari – September 2018, pembiayaan di sektor ini tercatat Rp 1,8 triliun. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar