Adik Daihatsu Xenia akan Diproduksi 2016

Mobil Baru

 Adik Daihatsu Xenia akan Diproduksi 2016

IIMS 2014 - Setelah bertahun-tahun diberitakan, akhirnya indikasi adik Daihatsu Xenia, UFC diproduksi massal datang juga. Seperti yang ramai diberitakan sebelumnya, Daihatsu akan segera memproduksi massal Multi Purpose Vehicle (MPV) yang lebih murah dari Xenia ini.

Ultra Functional Compact (UFC) sendiri pertama kali diperlihatkan di Indonesia International Motor Show 2012 dan disiapkan sebagai adik dari Xenia. Pada konsep UFC, platform yang digunakan adalah Ayla yang hadir dengan 4 keutamaan. Pertama mengaplikasi model MPV, High Ground Clearance, Flexible Seat, dan Fuel Efficient.

Sebuah MPV yang lebih murah dibanding Xenia memang dianggap perlu. Bukan apa-apa, ketika diluncurkan di 2004 silam, harga Xenia dimulai dari Rp 68 jutaan, tapi kini sudah merangkak naik lebih dari dua kali lipat.

Di Indonesia International Motor Show 2013, hadir UFC-2 concept (Ultra Function Compact 2) yang digadang-gadang sebagai mobil keluarga dengan harga terjangkau. Daihatsu UFC-2 concept memiliki dimensi panjang 3.900 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.620 mm dengan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Dan sebagai pamungkas, di Indonesia International Motor Show 2014 yang tengah digelar hingga 28 September ini calon adik Xenia ini kembali akan dipamerkan oleh Daihatsu dengan label UFC-3.

"Kenapa sampai ada UFC-1, UFC-2, UFC-3 karena kami tengah meriset pasar untuk mengetahui apa yang sebenarnya masyarakat inginkan. Itu kami lakukan karena kami ingin mobil yang kami buat itu benar-benar sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia," aku Amelia Tjandra yang merupakan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Sementara desainer UFC, Mark Widjaja menjelaskan ada perbedaan tema di edisi pertama UFC hingga edisi ketiga. Di edisi pertama tema yang diangkat di UFC adalah crossover dan kedua agak ke konsep sebuah coupe.

"Nah di konsep ketiga ini temanya lebih ke family, keluarga. Kami mencoba berbagai tema karena kami ingin tahu bagaimana keinginan pasar," jelasnya.

"Mudah-mudahan konsep kali ini menjawab keinginan masyarakat agar kita bisa ke tahap selanjutnya. Mudah-mudahan ini yang terakhir. Semoga tidak ada UFC-4 dan bisa segera di produksi massal," timpal Amelia.

Sumber kami di PT Astra Daihatsu Motor mengatakan kalau mereka sudah merencanakan waktu kelahiran produk yang satu ini. Bila tidak ada aral melintang, model ini diperkirakan akan lahir paling lambat 2016 mendatang. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.

Tag Terkait


Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support