Pameran Otomotif GIIAS 2021 Ditunda Imbas PPKM Darurat

Berita Otomotif

Pameran Otomotif GIIAS 2021 Ditunda Imbas PPKM Darurat

JAKARTA – Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bakal terjadi di Pulau Jawa dan Bali hampir sepanjang Juli 2021. Merespons hal ini, jadwal pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pun diundur.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi memastikan GIIAS 2021 tak akan berlangsung sesuai jadwal semula yaitu 12-22 Agustus mendatang di Serpong, Tangerang.

Hingga saat ini, tanggal penyelenggaraan barunya belum diputuskan.

“Kami lagi diskusikan di internal para anggota, tanggal berapa itu, kami lagi atur semuanya,” ucap dia ketika dihubungi Mobil123.com, Kamis (1/7/2021) sore.

pameran otomotif GIIAS 2021

PPKM Darurat Jawa – Bali berlangsung pada 3 -20 Juli mendatang. Kebijakan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Juli siang melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Negara.

Beberapa jam setelahnya, giliran Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memaparkan detail aturan dan disiarkan langsung dari kanal yang sama.

Di antara isinya adalah keharusan bekerja dari rumah (work from home/WFH) 100 persen bagi sektor non-esensial; WFH 50 persen bagi sektor esensial; WFH 100 persen bagi sektor kritikal; kegiatan belajar-mengajar secara daring (online); penutupan pusat perbelanjaan/mal;keharusan restoran atau tempat makan untuk hanya menerima pesan-bungkus (take away) atau pesan-antar (delivery).

Ada lagi pelaksanaan kegiatan konstruksi 100 persen dengan protokol kesehatan ketat; penutupan tempat ibadah, fasilitas umum, tempat wisata; pengaturan kapasitas maksimal transportasi umum hanya 70 persen dari maksimal; kewajiban memakai masker saat keluar rumah.

Industri otomotif, lanjut Nangoi, mendukung keputusan pemerintah menggelar PPKM Darurat di tengah gelombang kedua Covid-19. Apalagi, pada 1 Juli kasus harian positif Covid-19 memecahkan rekor yaitu 24.836 kasus, begitu pula dengan kasus kematian harian karena Covid-19 yaitu 504 orang.

GIIAS 2021

Gaikindo bersama merek-merek yang menjadi anggota bakal berusaha memutuskan secepat mungkin tanggal baru GIIAS 2021.

“Tentunya kami juga mencoba mendapatkan dukungan dan arahan dari Kementerian Perindustrian yang, kasarnya, adalah bapak angkat kami. Secepatnya (ditetapkan tanggal baru GIIAS 2021). Mungkin saja besok sudah kami keluarkan keterangan persnya. Lagi dibahas dulu di internal. Sebentar lagi,” papar dia. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar