Sempat Ngaret, Tangga Darurat Tol Layang Cikampek Segera Rampung

Berita Otomotif

Sempat Ngaret, Tangga Darurat Tol Layang Cikampek Segera Rampung

JAKARTA – Pembangunan tangga darurat Tol Layang Cikampek yang sempat molor dari jadwal akhirnya segera rampung. Jasa Marga menargetkan dalam beberapa hari ke depan fasilitas ini telah selesai dikerjakan.

Seperti diberitakan Mobil123.com sebelumnya, Jasa Marga awalnya memperkirakan pembuatan delapan tangga darurat di Tol Layang Cikampek sudah kelar pada 31 Januari 2020. Akan tetapi, sejak dikerjakan pada 6 Januari hingga menjelang penghujung Februari tahun ini, pengerjaannya belum juga kelar.

Melalui keterangan resmi pada Kamis (27/2/2020), Jasa Marga lalu mengumumkan revisi target penyelesaian pembangunan fasilitas darurat ini yaitu pada akhir Februari. Akan tetapi, baru pada pertengahan Maret tangga darurat bisa digunakan.

“Baru akan bisa digunakan pada pertengahan Maret 2020 karena masih ada finishing pemasangan guard rail untuk pelindung tangga di atas dan pekerjaan perapihan di bawahnya,” ujar Djoko Dwijono, Direktur Utama PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek.

Kedelapan tangga darurat tersebut akan terpasang di tengah/median jalan tol, tidak jauh dari area U-Turn. Lokasi tepatnya di Km 13 + 200, Km 17 + 200, Km 21 + 500, Km 24 + 800, Km 28 + 300, Km 31 + 900, Km 36 + 700, dan Km 38 + 600.

Djoko menegaskan penggunaan tangga tersebut nantinya hanya untuk keperluan darurat, misalnya evakuasi korban kecelakaan yang disupervisi oleh petugas layanan jalan tol Jasa Marga. Tangga darurat ini tidak dapat digunakan pengguna jalan untuk keperluan-keperluan lainnya seperti buang air, makan ataupun istirahat.

“Teknisnya, pengguna jalan yang mengalami keadaan darurat akan diarahkan petugas untuk menuruni anak tangga darurat menuju ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berada di bawah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). Nanti, akan ada petugas kami yang siaga di median/tengah jalan tol untuk membantu pengguna jalan,” jelas Djoko.

Pekerjaan pembangunan tangga darurat Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) setiap harinya. Pada window time weekday, proyek dimulai pukul 22.00 sampai dengan 05.00 WIB dan untuk window time weekend dimulai pada pukul 20.00 sampai dengan 06.30 WIB di kedua arahnya.

Tahapan pekerjaan di delapan titik lokasi tersebut dimulai dari pembuatan pondasi, pembobokan parapet/ barrier, erection struktur tangga darurat hingga pembuatan akses/tutupan tangga darurat. Pekerjaan minor, seperti pembobokan parapet/ barrier dilaksanakan situasional tergantung dengan kondisi lalu lintas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar