8 Hal yang Harus Diperhatikan Pascamudik

Panduan Pembeli

8 Hal yang Harus Diperhatikan Pascamudik

JAKARTA – Mudik merupakan kerja keras bagi mobil. Setelah melakukan perjalanan mudik Lebaran, kendaraan wajib mendapatkan perawatan guna mengembalikan performa seperti sediakala.

Cuci
Selama melakukan perjalanan mudik, umumnya pemilik kendaraan lupa atau bahkan malas untuk sekedar membersihkan kendaraan. Terutama bagi Anda yang bepergian jarak jauh ke daerah terpencil, cuci mobil kesayangan Anda hingga bagian kolong dengan bersih. Hal ini guna mencegah timbulnya jamur pada kaca dan bodi kendaraan. Pada bagian kolong, Anda akan mencegah timbulnya karat jika rutin membersihkan area tersebut.

Rem
Peranti pengereman sangatlah vital sehingga butuh perhatian lebih. Setelah diajak bekerja keras selama mudik Lebaran, Anda perlu untuk mengecek kembali kondisi rem depan/belakang, rem parkir hingga minyak rem.

Transmisi
Bagi kendaraan yang menggunakan sistem tranmisi manual, kopling pasti dipaksa bekerja ekstra keras terutama saat menghadapi kemacetan panjang. Cara untuk memastikan kopling masih dalam kondisi prima adalah, coba jalankan kendaraan dari posisi berhenti dengan menggunakan gigi empat atau lima.

Jika kendaraan mampu terus melaju, maka bisa dipastikan kampas kopling telah aus sehingga membutuhkan penggantian. Untuk transmisi otomatis, lakukan perawatan dengan cara mengecek kondisi oli transmisi otomatisnya.

Oli
Sebagai pelumas, oli memiliki usia pakai tertentu. Biasanya, cairan pelumas ini dianjurkan hanya untuk menempuh jarak 5000 km. Namun jika Anda melakukan perjalanan jauh dan mengalami kemacetan parah, maka perlu dipertimbangkan untuk menggantinya.

Periksa kapasitas oli melalui tongkat pengukur. Oli mesin juga mungkin kotor akibat adanya karbon, asam dan zat kotoran lainnya dari proses pembakaran. Kenali oli yang baik bagi kendaraan Anda.

Filter
Berbagai peranti filter pada kendaraan merupakan alat yang bertugas untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal. Filter oli, udara, filter kabin dan filter bahan bakar merupakan peranti fast moving. Pasca mudik Lebaran, jangan ambil resiko dengan tidak meengabaikannya.

Lakukan pembersihan pada sejumlah peranti tersebut, jika sudah terlalu kotor maka opsi penggantian perlu dipertimbangkan.

Kaki-kaki
Sistem kaki-kaki cukup rantan pada sebagian kendaraan. Anda yang melakukan perjalanan jauh dengan rute jalan rusak, sebaiknya mengecek bagian ini pasca mudik. Bearing, tie rod, long tie rod dan ball joint merupakan bagian yang mudah rusak. Lakukan konsultasi dengan spesialis kaki-kaki sebelum memutuskan untuk mengganti.

Spooring dan Balancing
Jika pasca mudik kendaraan Anda terasa kurang nyaman dikendarai, coba lakukan dua metode tersebut. Pilih bengkel yang sudah terpercaya agar tidak mengecewakan pada kemudian hari. Spooring dan balancing yang benar dapat membuat ban dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Radiator
Dalam keadaan normal, cairan dalam radiator tidak akan berkurang. Dengan sirkulasi yang benar jumlah cairan akan selalu sama. Namun jika menempuh medan berat dan cuaca yang ekstrim, tidak ada salahnya untuk memeriksa peranti tersebut.

Gunakan cairan khusus radiator untuk memaksimalkan kinerja. Air kemasan boleh digunakan hanya pada kondisi darurat saja. [Dew/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual