7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara Bersama Anak

Panduan Pembeli

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berkendara Bersama Anak

JAKARTA -  Banyak hal yang harus diperhatikan saat berkendara dengan anak. Salah sediki, perjalanan yang menyenangkan dapat berubah menjadi sangat menantang.

Untuk itu, para orang tua harus mempersiapkan segala hal, termasuk yang hal terkecil sekalipun untuk bisa membuat anak tetap senang saat berkendara. Dan berikut adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara bersama anak.

Mengubah rute berkendara di saat-saat akhir.
Ingatlah bahwa pengubahan kecil dari sebuah rencana bisa berakibat fatal bagi anak anda. Bila ada sebuah pengubahan rute atau tujuan di luar dari rencana, pastikan itu akan menguntungkan bagi si anak. Jadi bila ingin mengambil jalan pintas namun kondisi jalan rusak, sebaiknya tidak dilakukan karena itu akan membuat anak menjadi mual.

Demikian juga menambah waktu berhenti sekedar untuk menikmati pemandangan juga bisa menjadi awal dari bencana. Ingatlah bahwa seorang anak ingin untuk mencapai tempat tujuan secepat mungkin.

Tidak membawa cukup makanan
Selalu pastikan untuk membawa makanan yang cukup bagi anak Anda. Meski sudah membuat anak kenyang sebelum berkendara, mereka bisa merasa lapar dalam waktu tak terduga. Anak yang ngambek di mobil justru dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Jadi pastikan selalu membawa makanan yang cukup.

Membiarkan anak ketika mulai mabuk
Memang tidak ada yang suka dengan anak cengeng tapi bila Ia cengeng karena mabuk dan anda membiarkannya, maka itu akan menjadi ide buruk. Patut diingat bahwa anak dapat dengan mudah mengalami mabuk perjalanan dan muntah karena mual. Karena itu merawat mereka secepatnya akang lebih menguntungkan ketimbang membiarkan anak merasa mabuk.

Menyetel lagu favorit sendiri.
Selera lagu anda dan anak kemungkinan berbeda. Anak anda bisa saja tidak cocok dengan lagu yang anda putar dan membuatnya tidak nyaman. Jadi pastikan saja anda menyetel lagu yang memang anak Anda sukai agar mereka nyaman. Bila Anda bosan, coba cari lagu yang setidaknya bisa anda nikmati namun tidak membuat mereka rewel.

Membiarkan Ia tidur sepanjang waktu
Adalah benar bila anak akan lebih mudah mengantuk bila berpergian, tapi jangan lupa bahwa mereka seharusnya tidak tidur terus menerus. Bawakan mereka mainan agar tetap bisa merasa senang saat terjaga.

Lupa memasang child lock
Child lock adalah fitur keselamatan penting meski tidak semua mobil memilikinya. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pastikan Anda mengaktifkan child lock atau setidaknya mengunci semua pintu. Ingat, anak bisa membuka pintu kapan saja.

Membiarkan mereka mengintip di sunroof
Mengeluarjan anggota tubuh dari kendaraan yang sedang melaju adalah berbahaya. Sayangnya banyak orang tua yang tidak sadar bahwa bahaya tersebut juga berlaku bagi anak mengeluarkan anggota tubuhnya, khususnya kepala, dari sunroof. Pengeraman mendadak dapat membuat anak anda langsung terpental dan menabrak sisi sunroof dan berpotensi menyebabkan cedera parah. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support