7 Hal Tentang Honda yang Jarang Orang Tahu

Berita Otomotif

7 Hal Tentang Honda yang Jarang Orang Tahu

JAKARTA – Meski Honda merupakan perusahaan otomotif besar, namun ternyata ada beberapa hal yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Dan berikut adalah 7 hal tentang Honda yang tidak banyak orang tahu.

1. Sepedamotor menjadi awal bagi Honda
motor honda
Pada Oktober 1946, Soichiro Honda mendirikan Honda Technical Research Institute di Hammatsu, Jepang untuk mengembangkan dan memproduksi sepedamotor bermesin 2 silinder. Dua tahun kemudian, Honda Motor Company, Ltd berdiri dan tahun 1959 Honda membuka sebuah toko kecil di Los Angeles dengan 6 karyawan. Lebih dari 50 tahun kemudian, Honda telah meluncurkan banyak sepedamotor, termasuk CBR dan 50cc Super Cub.

Artikel bersambung dibawah

Tapi yang tidak banyak diketahui orang adalah mobil pertama Honda menggunakan mesin 2 silinder dari sepedamotor mereka. Mesin tersebut dianggap sudah cukup untuk memaksimalkan mobil yang ketika itu bobotnya terbilang sangat ringan. Sebagian besar mesin tersebut tidak memiliki tenaga lebih dari 36hp.

2. Tidak selalu tentang otomotif
Honda Uni-cub
Salah satu keunikan Honda adalah mereka tidak melulu mengerjakan otomotif, namun juga beragam teknologi unik seperti UNI-CUB. Ini adalah electric unicycle masa depan yang menggunakan roda besar di tengah.  UNI-CUB adalah bukti ketertarikan Honda akan personal mobility.

Tak hanya itu, Honda juga menciptakan ‘Walking Assist Device’. Ini adalah sebuah alat untuk membantu pasien yang sedang terapi berjalan. Ringan, mudah digunakan dan pastinya praktis membuat mereka yang sulit berjalan menjadi bisa kembali berjalan. Bahkan, alat ini juga telah terkoneksi dengan Bluetooth sehingga dokter bisa melihat perkembangan pasien dan potensi resiko yang mungkin terjadi.

4. Punya divisi pengembangan pesawat jet

Tidak banyak perusahaan otomotif yang bisa membuat pesawat, namun Honda ternyata bisa melakukannya. Clement D’Souza, new NSX’s chief engineer adalah salah seorang yang pernah ditawarkan Honda untuk mengembangkan divisi ini. Pada tahun 2012 lalu, Ia pernah diberi pilihan untuk membangun HondaJet atau mengembangkan NSX.
HondaJet berhasil menjadi pesawat yang apik dan telah tersertifikasi oleh Federal Aviation Administration. Honda mengklaim bahwa HondaJet memiliki konfigurasi “Over-The-Wing Engine Mount” sehingga menjadikan pesawat ini sebagai pesawat jet tercepat, tertinggi terbangnya, tersenyap dan paling hemat bahan bakar di kelasnya.

4. Teknologi turbo sudah lama ada di Honda

Ketika dunia melihat NSX disematkan twin-turbo hybrid engine serta Civic generasi 10 menjadi mobil massal Honda pertama yang menggunakan teknologi turbo, namun Honda telah memikirkan tekonologi ini sejak lama. Tepatnya tahun 1980an lalu ketika meluncurkan ’City II Turbo’. Sayangnya, mobil tersebut hanya diluncurkan di jepang.

5. Honda menjual teknologi hybrid, hidrogen dan mobil ‘American-made’ lebih dulu dibanding kompetitor

Karena paling sukses, orang beranggapan bahwa Toyota Prius merupakan mobil hybrid pertama yang dijual di Amerika, padahal tidak. Tahun 1999, Honda telah meluncurkan mobil hybrid mereka di Amerika yaitu Honda Insight. Sayangnya, mobil tersebut kurang laku di pasaran.

Honda juga menjadi brand pertama yang menawarkan mobil bertenaga hidrogen di Amerika pada tahun 2008 lalu dengan Honda FCX Clarity. Honda juga menjadi produsen mobil Jepang pertama yang membuka pabrik di Amerika Utara. Pabrik tersebut berada di Marysville, Ohio dan beroperasi sejak tahun 1982.

6. Sejarah balapan yang panjang

Soichiro Honda pernah mengatakan bahwa tekanan pada balapan memberi tantangan baru, memaksa orang untuk menemukan solusi inovatif dan menuntut kecepatan serta respon akurat akan sebuah masalah yang tidak pernah mereka hadapi sebelumnya. Dan hal tersebut membuat Honda terus berinovasi untuk membuat mobil lebih cepat, kuat, ringan dan tahan lama.

Jika dilihat ke belakang, mobil Formula 1 RA270 memang menjadi prioritas perusahaan dibanding mobil produksi. Namun, Honda juga menekankan bahwa balap mengajarkan kerjasama tim dengan mengingatkan karyawannya ‘tidak ada orang yang sukses karena dirinya sendiri’. Motto tersebut pun telah menjadi budaya dari Honda.

7. Masih ada hal lain selain transportasi

Salah satu yang paling menarik dari Honda adalah mereka tertarik pada hal lain di luar otomotif. Honda telah membuat semua hal mulai dari mesin perahu tempel, snow blowers, mesin pemotong rumput hingga robot.

Hal-hal inilah yang berhasil membuat Honda tampil menarik dibanding dengan beberapa perusahaan otomotif lainnya. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support