6 Bulan, Toyota Jual 167 Ribu Mobil di Indonesia

Berita Otomotif

6 Bulan, Toyota Jual 167 Ribu Mobil di Indonesia

JAKARTA - Meski kondisi pasar otomotif tengah melemah, Toyota tetap mampu melepas banyak mobil. Sepanjang semester pertama 2015, Toyota mampu melepas lebih dari 160 ribu mobil ke pasar Indonesia.

Secara keseluruhan, penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) di pasar ritel sepanjang semester I lalu mencapai 167.663 unit atau jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan atau suplai ke pasar (whole sale) sebesar 162.953 unit. 

Dengan perolehan ini, TAM optimis tetap mampu memimpin pasar otomotif di Indonesia. Selain perbedaan market share yang cukup besar dibandingkan pesaing, menghadapi semester II ini TAM telah menyiapkan sejumlah strategi yang diharapkan memberikan nilai tambah yang lebih tinggi kepada pelanggan.

Dengan angka penjualan di pasar ritel tadi, penjualan mobil Toyota kini menguasai sekitar 33,8% total pangsa pasar mobil nasional. Bahkan untuk pasar kendaraan penumpang, dengan angka penjualan 159.681, penjualan mobil Toyota berhasil menguasai 41,6% pangsa pasar.

Sementara untuk Juni 2015 lalu, total penjualan TAM di pasar ritel mencapai 31.746 unit dengan market share 33,8%. 

Kontribusi terbesar berasal dari penjualan MPV yang mencapai 18,931 unit, dengan posisi ini, penjualan Toyota berhasil menguasai 45,8% pangsa pasar MPV. Kemudian penjualan Hatchback sebesar 7.276 unit dengan pangsa pasar 36,74%, SUV 3.835 unit dengan pangsa pasar 33,4% dan sedan 671 unit dengan pangsa pasar 45,28%.

“Angka-angka tersebut menunjukan bahwa mobil Toyota mendapat kepercayaan besar dari pelanggan untuk seluruh segmen mobil penumpang sehingga berhasil meraih pangsa pasar yang sangat signifikan,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Suparno Djasmin.

Data juga mencatat, penjualan Toyota di segmen hatchback sepanjang Juni sebesar 7.276 unit merupakan angka penjualan tertinggi sepanjang 2015. Begitu pula penjualan di segmen SUV sebesar 3.835 unit merupakan penjualan terbaik sepanjang semester I lalu.

Penjualan Mobil di Indonesia

Bila melihat dari kondisi pasar otomotif secara nasional pada semua merek, khususnya mobil, pada Juni lalu relatif stabil baik di pasar ritel (retail sale) maupun di pasar whole sale. 

Di pasar ritel, total penjualan mencapai 94.060 unit atau 6,4% lebih tinggi dibandingkan Mei 88.400 unit, sedangkan di pasar whole sale mencapai 82.139 unit atau naik 3,5%. Dengan capaian tersebut, total penjualan di pasar whole sale sepanjang semester I 2015 sudah mencapai 525.458 unit dan di pasar ritel 526.737 unit.

“Total penjualan di pasar ritel yang lebih tinggi itu menunjukan bahwa menghadapi situasi saat ini, APM berhasil dalam menerapkan sejumlah strategi yang tepat sehingga produk tetap bisa diterima oleh pasar,” ujar Suparno Djasmin.

Menurut Suparno Djasmin, TAM sendiri sudah melakukan strategi ini sejak akhir tahun lalu dengan melakukan pengendalian supply dan demand. 

“Dalam upaya mengoptimalkan kualitas pelayanan ke pelanggan, TAM menggunakan strategi yang dinamis dengan menyeimbangkan supply dan demand dengan tetap meningkatkan pelayanan dan product value,” katanya. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual