5 Tips Aman Naik Taksi

Panduan Pembeli

5 Tips Aman Naik Taksi

JAKARTA – Meski terbilang relatif aman dibanding dengan moda transportasi umum lain, bukan berarti menggunakan taksi tidak perlu kehati-hatian.

 

Dan berikut adalah tips untuk tetap menjaga keselamatan Anda ketika menggunakan taksi.

  • Rencanakan dan pahami rute perjalanan
    Tidak perlu peham hingga mendetail, tapi setidaknya Anda bisa mengetahui rute yang ingin anda lalui. Dengan demikian, Anda akan tahu apakah sang pengemudi memutar rute, melalui rute yang jauh atau tidak. Tidak ada salahnya juga Anda menunjukkan jalan. Dengan demikian pengemudi tidak akan berani untuk memainkan rute yang dilalui. Tidak ada salahnya untuk melakukan penjadwalan perjalanan. Dengan demikian Anda bisa menghindari kemacetan dan menentukan rute yang Anda suka tanpa perlu mendengar ide dari sang pengemudi.
  • Gunakan perusahaan taksi yang terkenal
    Persaingan taksi sangatlah ketat. Untuk itu, para perusahaan taksi pastinya ingin menjaga reputasi mereka sebagai taksi berkualitas. Untuk menjaga reputasi tersebut, perusahaan memiliki langkah langkah-langkah keamanan bagi pengemudi dan penumpang. Perusahaan taksi terkemuka akan menyediakan layanan pemesanan 24 jam. Konfirmasikan nomor unit dan nama pengemudi yang akan diutus operator untuk menjemput, catat dan pastikan taksi yang datang tersebut sesuai.
  • Mengunci dan memeriksa pintu dan jendela
    Pastikan anda untuk mengunci pintu untuk menghindari kemungkinan bahaya dari liar. Jangan segan-segan untuk berganti taksi bila fasilitas ini tidak tersedia. Memeriksa jendela adalah untuk memastikan ventilasi berjalan baik bila diperlukan, contohnya bila Anda memerlukan udara segar bila terjadi ketidaknyamanan seperti mabuk darat, dan sebagainya. Hindari mengeluarkan barang-barang berharga dan bila harus mengeluarkannya jangan lupa untuk memasukkan kembali ke dalam tas atau kantong, jangan taruh disembarang tempat. Ini untuk menghindari terjadinya barang tertinggal.
  • Catat nomor taksi dan pelat nomor
    Untuk poin ini memang sudah menjadi standar keamanan yang harus dilakukan pertama kali. Namun praktiknya, masih banyak pelanggan tidak melakukannya. Padahal, dengan catatan tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan pengaduan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Cocokkan kartu identitas pengemudi
    Pastikan pengemudi taksi sama dengan kartu identitas yang berada di dashboard. Bila secara umum tidak ada kesamaan ciri-ciri, tanyakan hal tersebut kepada pengemudi. Jangan ragu untuk mengganti taksi bila Anda kurang yakin terhadap keamanan dan keselamatan Anda. Cobalah untuk bersikap ramah dengan pengemudi sehingga Anda dan dia bisa merasa nyaman dengan satu sama lain, memiliki percakapan hangat dengan pengemudi dapat menghilangkan kemungkinan maksud jahat pengemudi. Menyiapkan diri untuk yang terburuk dan berdoa, karena hal ini akan memberikan Anda rasa percaya diri dan ketenangan dalam bertindak. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual