Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Bagian di Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran, Jangan Abaikan!

Panduan Pembeli

5 Bagian di Mobil yang Wajib Diperiksa Setelah Mudik Lebaran, Jangan Abaikan!

Setelah melakukan pejalanan mudik Lebaran Idul Fitri, para pemilik kendaraan memiliki tugas tambahan untuk melakukan pengecekan kondisi mobil mereka. Ini karena mobil baru saja digunakan menempuh jarak hingga ribuan kilometer dengan kondisi berkendara yang berat dan tidak terduga. 

Pengecekan ini wajib dilakukan untuk memastikan mobil tidak ada kendala setelah berjalan jarak jauh. Sebagaimana diketahui, ada jutaan orang yang mudik menggunakan transportasi darat seperti mobil pribadi.

Situasi ini membuat beberapa titik akan mengalami kemacetan luar biasa. Dalam kondisi kemacetan parah, mesin harus tetap hidup walau mobil berhenti sampai berjam-jam. 

Kondisi seperti itu memaksa mesin bekerja dalam durasi sangat lama dibandingkan kondisi normal, yang berpotensi menimbulkan masalah pada cairan mobil. Mesin yang terus menerus hidup membuat oli mesin dan radiator coolant berkurang yang dapat memicu masalah lebih besar kalau diabaikan.

“Mudik Lebaran telah usai, pastikan tidak ada masalah pada mobil setelah melakukan tugas berat di jalan. Selain jarak tempuh yang panjang, durasi berkendara yang jauh lebih lama akibat macet membuat mesin bekerja ekstra berat. Ditambah, muatan mobil penuh, dan risiko masalah seperti menabrak lubang dengan kecepatan tinggi dapat menurunkan kondisi kendaraan,” jelas Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000 melalui keterangan tertulisnya.

Tak cuma menghadapi kemacetan, mobil juga tersiksa karena diisi penuh oleh penumpang dan barang, serta akibat kondisi jalan yang tidak selalu mulus. Tak jarang kita bisa menghantam lubang jalan dengan kecepatan tinggi yang berpotensi merusak komponen kaki-kaki mobil. 

Setelah kembali ke tempat asal, lakukan langkah pengecekan beberapa komponen penting di mobil untuk memastikan tidak ada masalah berarti. Berikut ini komponen mobil yang perlu diperiksa usai mudik Lebaran.

1. Periksa Kondisi Ban Mobil

Ban mobil yang langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan hingga ribuan kilometer membuatnya harus bekerja lebih keras di momen mudik Lebaran. Untuk itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah. 

Pastikan tidak ada kerikil atau serpihan tajam yang menancap dan membahayakan. Lakukan pula pengecekan terhadap tekanan udara. Lihat tanda keausan telapak ban, disarankan segera ganti ban jika sudah tidak layak.

Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban mobil yang rusak akan memicu masalah besar jika diabaikan. 

2. Cek Kondisi Kaki-kaki Setelah Perjalanan Jauh

Perjalanan mudik ke kampung halaman tak selamanya melewati jalan yang mulus. Ada kalanya kita harus melewati jalan bergelombang atau tanah berbatu bila lokasi yang dituju ada di pelosok. Perhatikan kaki-kaki mobil, apakah muncul suara yang asing saat dikendarai atau rembesan oli.

Shock absorber tidak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil. 

Perjalanan jauh dapat membuat kondisi roda-roda mobil kamu tidak lagi sejajar, karena mungkin selama perjalanan tidak sengaja mengantam lubang, batu di jalanan, dan hal lainnya. Roda yang tidak sejajar akan membuat kenyamanan dalam berkendara kamu disarankan untuk melakukan spooring roda agar roda kembali sejajar dan kenyamanan selama berkendara terjamin.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tugas oli mesin adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu melepaskan panas mesin.  Oli mesin juga berfungsi membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. 

Cek volume oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak berkurang signifikan. Bila dirasa tarikan mobil sudah kurang responsif dan suara mesin jadi agak kasar, tak ada salahnya melakukan penggantian oli mobil walau belum mencapai jarak 5.000 km. 

Ini karena kualitas pelumasan oli sudah menurun akibat mesin bekerja cukup lama saat perjalanan jarak jauh.

4. Volume Radiator Coolant Usahakan Harus Tetap Penuh

Radiator fungsinya begitu penting untuk mendinginkan temperatur mesin, terutama saat bekerja sangat berat.  Panjangnya perjalanan yang telah kamu tempuh selama mudik pasti membuat kondisi radiator agak melemah, untuk membuatnya dapat tetap bekerja dengan optimal maka perawatan setelah tiba di rumah menjadi penting

Untuk itu cairan radiator tidak boleh habis dengan mengecek tabung cadangannya. Air radiator masih ada kemungkinan berkurang sedikit karena efek penguapan setelah mobil dikendarai untuk perjalanan jarak jauh. Namun bila volume cairan radiator berkurang cukup banyak maka waspadai adanya kebocoran.

Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna radiator coolant tidak berubah apalagi sampai keruh, yang menandakan adanya karat. Bila sudah begini wajib dikuras supaya tidak bermasalah.

5.  Periksa Cairan Kendaraan Lainnya

Cairan mobil seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, bersama cairan power steering hidrolis wajib diperiksa kembali. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna, karena ini berarti ada masalah yang harus segera ditangani.

Cuci Mobil Secara Menyeluruh dan Bersihkan Interior

Hal terakhir yang tak boleh diabaikan usai perjalanan jauh yaitu membersihkan mobil luar dan dalam. Cuci seluruh bagian luar mobil termasuk bagian kolong, untuk melenyapkan debu dan lumpur setelah mobil berjibaku dipakai mudik.

Tak cuma itu, kabin mobil pasti kotor saat mudik Lebaran, terutama kalau membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran, keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang