4 Perilaku Buruk Orangtua Saat Mengemudi

Panduan Pembeli

4 Perilaku Buruk Orangtua Saat Mengemudi

WASHINGTON - Bagi Anda yang suka melanggar aturan lalulintas atau melakukan hal yang tidak sepatutnya saat mengemudi, maka berhati-hatilah. Sebab bisa jadi anak Anda akan meniru tingkah laku tersebut di saat mereka dewasa

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau tingkah laku mengemudi tiap orang banyak terinspirasi dari kelakuan orangtua mereka saat mengemudi. Ini mungkin hal yang tidak pernah disadari oleh para orangtua karena mereka sering kali mengajarkan anaknya untuk 'melakukan apa yang saya katakan, bukan seperti yang saya lakukan.'

Padahal, anak banyak mencontoh kelakuan orangtuanya dalam berbagai kesempatan. Di Amerika Serikat, paling tidak ada 4 kebiasaan buruk yang ternyata diturunkan dari orangtua tanpa disadari.

SMS dan chatting
Mungkin ini tidak disadari benar oleh para orangtua. Terlebih para orangtua sudah sering mendengungkan jangan menulis pesan saat berkendara. Tapi masalahnya, banyak orangtua yang malah melakukan hal tersebut.

Sebuah penelitian dari Liberty Mutual Insurance and Students Against Destructive Decisions di 2012 menemukan bahwa 91 persen remaja melaporkan kalau 59 persen pernah menyaksikan orang tuanya mengetik pesan saat mengemudi.

Hasilnya, 78 persen remaja mengaku kalau mereka pernah mengirim pesan saat mengemudi.

Berbicara di ponsel
Sudah sering terdengar nasehat jangan menggunakan ponsel saat mengemudi. Namun, kelakuan tidak terpuji ini ternyata banyak dilakukan oleh orang dewasa. 91 persen remaja mengaku pernah melihat orangtua mereka berbicara lewat ponselnya.

Hasil dari contoh tidak baik ini 90 persen remaja yang disurvei mengaku mereka pernah melakukan hal yang sama.

Minum minuman keras dan mengemudi
Orangtua sering mengajak keluarga untuk makan malam di restoran atau rumah teman. Kadang kala ada koktail atau bir di sana dan kemudian menyetir mobil untuk mengantarkan keluarganya kembali pulang.

Hal ini berdampak buruk secara langsung. 20 persen remaja mengaku melihat orangtua mereka mengemudi setelah minum dan akibatnya 15 persen mengakui telah melakukan hal yang sama.

Sabuk pengaman
Sabuk pengaman mungkin merupakan atribut sepele yang sering kali dilupakan. Padahal, sabuk pengaman memiliki banyak manfaat positif bila terjadi kecelakaan.

Masalahnya, 47 persen responden remaja mengaku telah menyaksikan orangtua mereka mengemudi tanpa mengenakan sabuk pengaman. Hal ini membuat 33 persen dari remaja itu berbuat hal yang sama. [Syu/Idr]



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual