Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

3 Fakta Penting BYD Denza, MPV Bertenaga Listrik Lawan Seimbang MG Maxus 9

Panduan Pembeli

3 Fakta Penting BYD Denza, MPV Bertenaga Listrik Lawan Seimbang MG Maxus 9

Dalam keikutsertaan pertamanya di ajang Indonesia International Motor Show 2024, BYD tak cuma menampilkan lini model andalannya. Pabrikan otomotif asal China ini juga menampilkan model spesial mereka yaitu BYD Denza. Mobil ini merupakan MPV premium bertenaga listrik yang segmentasinya setara Toyota Alphard.

MPV high roof ini memiliki desain yang cukup mewah. Mobil dengan nama lengkap BYD Denza D9 dibangun berbasis BYD e-platform 3.0 buat model BEV (battery electric vehicle), dan struktur DM-i buat model PHEV (plug-in hybrid vehicle). BYD Denza diposisikan berada pada kelas kendaraan listrik premium yang ditawarkan di China, dan juga pasar otomotif global.

Sebagai informasi, debut regional BYD Denza D9 di Asia Tenggara telah diperkenalkan pada Bangkok International Motor Show 2023 lalu. Ini merupakan MPV mewah yang dibuat oleh BYD Auto yang merupakan anak perusahaan BYD. 

BYD Auto didirikan BYD bersama Daimler AG (Mercedes-Benz Group). BYD Denza hadir di IIMS 2024 sebagai bentuk perkenalan pada teknologi bagi masyarakat Indonesia. 

Di China, BYD Denza D9 varian BEV saat meluncur pertama kali di 2022 lalu dijual mulai dari 389.800 RMB hingga 459.800 RMB atau sekitar Rp845 jutaan sampai dengan Rp995 juta. 

Dengan konsep MPV premium boxy, seperti apa keunggulan dari BYD Denza ini? Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini. 

1. Interior Luas dengan Captain Seat

 

Mobil listrik memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2+3 yang sangat luas. Hal ini karena dimensi panjang kendaraannya di atas lima meter. Nilai jual utama dari BYD Denza D9 terdapat pada interiornya yang luas, didukung beragam fitur canggih, serta aksen yang premium. 

Lebih spesifik, Denza D9 memiliki dimensi panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm dan tinggi 1.920 mm dan jarak sumbu roda 3.110 mm. Interiornya bertema warna putih dan hitam, menciptakan kesan mewah. Kulit nappa dan panel kayu banyak digunakan di seluruh interior. 
Kursi tengah menggunakan captain seat yang sudah dilengkapi footrest, heating, ventilating seat, hingga tersedia fitur 10-point massage functions. Sebagai MPV mewah, pada kursi baris kedua dilengkapi dengan armrest dan fitur wireless charging, dan ada kulkas kecil di antara kursi baris dua.

Hal menarik pada interior MPV tersebut ialah tersedia layar display di masing-masing baris kursi, dengan total tujuh layar. Mulai dari tiga layar display di depan, dengan dua diantaranya digunakan sebagai central control center 15,6 inci disertai panel instrumen 10,25 inci dan head-up display atau HUD. 

Kemudian terdapat dua layar lagi di belakang jok baris depan dan dua lagi disematkan pada armrest kursi penumpang baris kedua.

Layar monitor di baris kedua bahkan dilengkapi dengan kamera 8MP, yang dapat digunakan untuk panggilan konferensi/meeting atau bagi orang tua dapat digunakan video call sambil memantau anak-anak.

Dengan dimensi kabin yang luas ini membuat tujuh penumpang berukuran 180cm dapat melakukan perjalanan dengan nyaman, dimana bagasinya dapat menyinpan tujuh koper jinjing berukuran 20 inci.

2. Desain Eksterior yang Premium

Mobil penumpang berukuran besar dan berbentuk kotak kini menjadi semakin populer. Semakin banyak produsen mobil baik brand Jepang atau China seperti BYD ini merilis model-model baru. 

Desain bodi bongsor yang mengotak dengan pintu geser memberikan kesan familiar sebagai MPV mewah. Ciri khas dari BYD Denza D9 ini terdapat pada grill 'Barong' dengan aksen krom vertikal di sisi depan. 

Fitur sunroof panoramik yang besar di sisi atap menghadirkan banyak cahaya alami saat dibuka pada siang hari.

Sebagai mobil premium, BYD Denza memiliki pintu belakang dapat dibuka melalui tombol kendali jarak jauh berbasis UWB (Ultra Wideband). Fungsi lainnya adalah sistem bantuan mengemudi level 2 dan parkir kendali jarak jauh.

3. Punya Kapasitas Baterai Besar dengan Jarak Tempuh yang Cukup Jauh

Sama seperti ketiga produk yang sudah diluncurkan di Indonesia, BYD Denza versi EV juga dibangun dengan e-platform andalan BYD yang terdiri dari susunan blade battery. 

Dalam hal pengisian daya, Denza D9 mendapat lubang pengisian daya di kedua sisi kendaraan.  Di sebelah kanan terdapat port Tipe 2 untuk pengisian daya AC dan port GB/T untuk pengisian daya DC, yang terakhir juga terdapat di sisi kiri kendaraan.  

Hal ini memungkinkan D9 diisi dayanya dari dua titik pengisian daya sekaligus jika ada unit terdekat kedua yang tersedia.

Denza D9 di negara asalnya dijual dalam 2 versi yaitu Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV). 

Teknologi e-platform yang lebih aman dan efisien dalam pengisian daya ini mampu membawa BYD Denza D9 untuk menempuh jarak 620 Km dalam sekali pengisian daya penuh. Untuk kemampuan maksimum pengisian daya Denza D9 ini mencapai 166 kW. 

Kinerja BYD Denza D9 Ungguli MG Maxus 9

Melihat beberapa fakta di atas, terlihat bila kinerja Denza D9 punya potensi mengungguli MG Maxus 9 yang sudah diperkenalkan pada publik Indonesia di ajang IIMS 2024.

Sebagai informasi, MG Maxus 9 menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas besar sebesar 90kWh, yang mampu menempuh jarak hingga 540 km saat terisi penuh sesuai dengan standar NEDC. Mobil ini dilengkapi fitur pengisian daya cepat yang mampu melakukan pengisian dari 30% - 80% hanya dalam waktu 36 menit saja.

Bila mengacu pada spesifikasi mesin Maxus Mifa 9 yang serupa, MG Maxus 9 didukung motor listrik Permanent Magnet Synchronous dengan tenaga puncak hingga 245 ps dan torsi maksimal 350 Nm.

Dimensi MG Maxus 9

MG Maxus 9 memiliki dimensi yang relatif bongsor yakni panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.840 mm dan wheelbase 3.200 mm serta ground clearance 140mm.

Fitur dan Interior MG Maxus 9 Tak Kalah Mewah


Kabin Maxus 9 juga bertabur fitur-fitur canggih. Pada bagian baris kedua, penumpang akan menikmati kenyamanan duduk yang premium berkat konfigurasi jok Captain Seats dengan teknologi Temperature Seats dan Massage Seats. Fitur tersebut dapat diakses dengan sangat mudah, hanya melalui kontrol touchscreen di tiap kursi untuk mengakses seluruh pilihan fiturnya.

Lebih lanjut, kursi premium ini dapat dioperasikan secara elektris untuk mengatur sandaran kursi dan kaki yang bisa diatur maju dan mundur serta memiliki cup holder dan meja lipat. Kursi pengemudi dapat diatur hingga 8 arah, sementara kursi penumpang dapat diatur otomatis hingga 4 arah. 

Tidak hanya itu, adanya fitur canggih seperti Dual Sunroof dengan Rear Panoramic Sunroof membuka kesempatan untuk menikmati nuansa terang, udara segar, dan pemandangan langit yang menakjubkan, meningkatkan setiap perjalanan menjadi lebih dari sekadar perpindahan dari satu tempat ke tempat lain.

Jika mengacu pada harga MG Maxus 9 di Thailand, maka estimasi harga MPV mewah ini ada di angka di sekitar Rp 1,1 miliar.
(YS)



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang