Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

248 Ribu Mobil Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri, Toyota ‘Jagoannya’

Berita Otomotif

248 Ribu Mobil Buatan Indonesia Dikirim ke Luar Negeri, Toyota ‘Jagoannya’

JAKARTA – Ekspor mobil dari Indonesia mencapai lebih dari 248 ribu unit sepanjang Januari-Juni 2023. Kendaraan bermerek Toyota menjadi kontributor terbanyak.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil unit utuh (completely built up/CBU) pada semester satu 2023 mencapai 248.004 unit. Terjadi peningkatan 25,1 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), dari sebelumnya 198.311 unit.

Toyota mengklaim lebih dari separuh ekspor mobil CBU dari Tanah Air pada paruh pertama tahun ini disumbangkan oleh merek tersebut.

Ada 139.581 unit kendaraan merek Toyota buatan Indonesia yang dikapalkan ke luar negeri—naik 2,6 persen yoy. Komposisinya mencapai 56,2 persen dari total ekspor CBU.

Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN

Kinerja ekspor Toyota tahun ini turut didorong oleh mobil-mobil berteknologi elektrifikasi.

Terdapat dua model elektrifikasi yang mulai tahun ini mereka ekspor yakni Toyota Kijang Innova Zenix hybrid plus Toyota Corolla Cross hybrid.

“Antusiasme dan apresiasi positif selama Januari hingga Juni 2023 terhadap kehadiran sejumlah lini kendaraan Toyota Indonesia, termasuk primadona baru Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang juga sudah dilengkapi dengan varian elektrifikasi, mencatatkan angka total produksi untuk kebutuhan pasar domestik dan internasional hingga lebih dari 30.500 unit,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, seperti dikutip dari keterangan resmi baru-baru ini.

Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN

Kendaraan bermerek Toyota sendiri dirakit oleh dua perusahaan manufaktur. Pertama adalah TMMIN, sedangkan yang kedua ialah PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Pasar ekspornya antara lain region Timur Tengah, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika Latin, Oceania, dan Australia. Daftar negara tujuan ekspor ingin Toyota tambah tahun ini.

“Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas pembinaan Pemerintah Indonesia di bidang sektor otomotif serta dukungan sarana infrastruktur yang optimal, sehingga kami dapat meningkatkan volume ekspor lebih baik pada tahun ini. Kami juga akan melakukan ekspansi negara-negara tujuan ekspor produk buatan SDM bangsa terutama ke Kawasan Afrika yang semakin berkembang,” tutup Bob. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang