Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Pembeli Mobil Pertama Mulai Beli Mobil Hybrid Toyota, Meski Belum Banyak

Mobil Listrik

Pembeli Mobil Pertama Mulai Beli Mobil Hybrid Toyota, Meski Belum Banyak

JAKARTA – Pembeli mobil pertama sudah mulai menjangkau mobil hyrid Toyota, walaupun jumlahnya belum banyak.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengklaim komposisi konsumen dari Toyota Kijang Innova Zenix hybrid dan Toyota Yaris Cross hybrid antara lain terdiri dari pembeli mobil pertama. Padahal, harganya masih dimulai dari Rp400 juta-an.

“Pembeli Kijang Innova Zenix ada juga yang first buyer (pembeli mobil pertama), pembeli Yaris Cross hybrid ada yang first buyer. Jadi, saya rasa (mobil hybrid) yang sekarang ada sudah bisa menjangkau (pembeli mobil pertama), walaupun peluang untuk menjangkau lebih lanjut pastinya ada,” kata dia usai peresmian GR Garage pada Jumat (15/9/2023) di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix hybrid mengaspal pada November 2022, bersamaan dengan varian mesin bensinnya. Rentang harga on the road (OTR) Jakartanya, per September 2023, dimulai dari Rp468,8-624,6 juta.

Adapun Yaris Cross hybrid meluncur pada Mei 2023, juga berbarengan dengan opsi mesin bensinnya. Harga OTR Jakartanya bulan ini berkisar di Rp440,6-454,95 juta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Anton, di sisi lain, mengakui kalau porsi pembeli mobil pertama di Kijang Innova Zenix hybrid dan Yaris Cross hybrid masihlah kecil. Pada Kijang Innova Zenix hybrid, contohnya, komposisi pembeli mobil pertama hanya 10-20 persennya.

“Kalau Innova Zenix hybrid itu paling banyak pembeli mobil tambahan atau pengganti. Kira-kira 80-90 persennya mereka. Sisanya baru pembeli mobil pertama,” tandas Anton.

“Kalau Yaris Cross hybrid, kira-kira 20 persennya itu pembeli mobil pertama,” tambahnya.

Fakta ini, menurut Anton, merupakan bukti pembeli mobil pertama sudah tertarik pada mobil berteknologi elektrifikasi, khususnya mobil hybrid. Meski demikian, jumlahnya memang masih sedikit.

“Jumlahnya belum tinggi-tinggi banget. Tapi, cukup ada, lah,” tegasnya.

Toyota Yaris Cross hybrid

Anton menyatakan kalau pembeli mobil pertama masih berkumpul di mobil-mobil dengan rentang harga Rp300 juta-an atau di bawah itu.

Dia menyatakan ada kemungkinan Toyota kelak menjual mobil hybrid di kisaran harga tersebut.

Sayang, ia menolak berkomentar lebih lanjut.

“Kita menghormati prinsipal dan TMMIN (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, pabrik Toyota—Red) yang sekarang mungkin juga lagi mempersiapkan semuanya,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang